Survei KCI-LSI: Olly Dondokambey Masih Teratas Jelang Pilgub Sulut

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 18:03 WIB
calon menteri jokowi olly dondokambey
Foto Olly Dondokambet: (Agung Pambudhy-detik)
Manado -

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network dan KCI merilis survei terkait Pilgub Sulawesi Utara (Sulut). Hasilnya, petahana Olly Dondokambey masih dengan elektabilitas tinggi daripada calon gubernur yang lainnya.

Survei ini dilakukan pada 1 hingga 5 April 2020 dengan melakukan wawancara tatap muka langsung (face to face interview) dengan metode sampling multistage random sampling. Jumlah responden dalam survei ini ada 800 responden, dengan margin of eror +- 3,5%.

Survei dimulai dengan pertanyaan 'Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Utara akan dilangsungkan pada tahun ini seandainya ada 6 calon yang akan maju sebagai calon Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. Dari 6 nama berikut mana yang akan Bapak/Ibu pilih? Kalau 'rahasia', 'belum memutuskan', 'tidak tahu, tidak jawab', di antara 6 calon Gubernur Provinsi Sulawesi Utara tersebut mana yang paling pantas didukung menjadi Gubernur?'. Hasilnya teratas Olly Dondokambey, kemudian disusul Christiany Eugania Paruntu (Tetty Paruntu), dan ketiga ada Elly E Lasut.

Peneliti LSI, Ikrama mengatakan Olly sudah memiliki pendunkung yang kuat. Pemilih Olly dinilai solid dan militan, tingkat kesolidan ada di angka 47 persen.

"Pemilih petahana sangat solid yang militan sudah di atas 45%," kata Ikrama melalui keterangan pers yang diterima, Minggu (9/8/2020).

Berikut daftar elektabilitas Cagub Pilkada Sulut 2020:

- Olly Dondokambey 62 persen
- Christiany Eugania Paruntu (Tetty Paruntu) 9,3 persen
- Elly E Lasut 6,7 persen
- G.S. Vicky Lumentut (GSVL) 4,5 persen
- Vonny A Panambunan 3,3 persen
- Stefanus Vreeke Runtu 0,3 persen
Belum memilih/ tidak tahu/ tidak jawab 13,9 persen

Tonton video 'Maju ke Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Incar Dukungan PKB-PAN-PPP':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/gbr)