Jeje-Ujang Unggul di Pilbup Pangandaran Versi LSI Denny JA

Faizal Amiruddin - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 21:39 WIB
Jeje dan Ujang
Jeje Wiradinata dan Ujang Endin (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Menjelang Pilbup Pangandaran 9 Desember 2020, suhu politik di Kabupaten Pangandaran mulai menghangat. Terlebih sebuah lembaga survei mulai merilis hasil penelitiannya.

Salah satunya adalah Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA. Menurut hasil survei lembaga ini nama Jeje Wiradinata masih menjadi yang terkuat untuk bisa memenangkan Pilbup Pangandaran 2020.

"Sebagai kandidat incumbent dari PDIP, Jeje memiliki elektabilitas yang jauh meninggalkan kandidat lain, baik dalam simulasi perorangan
maupun pasangan," kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Network Denny JA, Toto Izul Fatah, dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (18/7/2020).

Toto memaparkan dalam simulasi perorangan, Jeje unggul jauh dengan 73 persen meninggalkan Adang Hadari dengan 23 persen. Begitu juga dalam simulasi berpasangan, Jeje Wiradinata-Ujang Endin unggul telak 67,7 persen melawan Adang Hadari-Supratman dengan 26,8 persen. Simulasi ini menyisakan swing voter 5,5 persen.

Sekadar diketahui, pada Pilkada Pangandaran 2020 hampir bisa dipastikan akan terjadi pertarungan head to head atau dua pasangan calon, antara pasangan kandidat incumbent, Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan melawan Adang Hadari dan Supratman.
Adang adalah wakil bupati saat ini yang kemudian pecah kongsi menjadi lawan Jeje.

"Melihat posisi elektabilitas Jeje-Ujang Endin saat ini, tidak mudah buat Adang-Supratman untuk memenangkan pertarungan. Terutama dalam konteks banyaknya variabel yang ditemukan dalam survei tentang sejumlah keunggulan Jeje dan pasangannya," ujar Toto.

Selanjutnya
Halaman
1 2