Kawasan Mal Cijantung Ramai Meski Tak Ada CFD, Dishub Kewalahan Bubarkan Warga

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 09:03 WIB
Dishub bubarkan warga di kawasan CFD Mal Cijantung
Foto: Dishub bubarkan warga di kawasan CFD Mal Cijantung (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Banyak warga yang datang untuk berolahraga meski car free day (CFD) di Mal Cijantung, Jakarta Timur (Jaktim) ditiadakan. Dinas Perhubungan (Dishub) pun mengaku kewalahan mengimbau warga untuk meninggalkan lokasi.

"Karena mengingat warga begitu antusias dalam berolahraga, jadi kami ini sebagai petugas kewalahan, kewalahan untuk menjaga dan mengimbau kepada warga untuk tidak datang gitu, untuk tidak datang menggunakan kawasan ini. Karena kawasan ini masih kawasan zona merah, begitu," kata Danru 1 Dishub Kecamatan Pasar Rebo, Nasman, di sekitaran Taman Cijantung, Jaktim, Minggu (9/8/2020).

Nasman menjelaskan CFD di sekitar Mal Cijantung ditiadakan sejak 2 Minggu kemarin. Oleh karenanya, mobil dan motor bisa melintas di sekitaran Jalan RA Fadillah.

Dia mengungkapkan jumlah personil tak cukup untuk membendung warga yang datang untuk berolahraga di sekitaran Mal Cijantung. Nasman pun mengatakan banyak warga yang tak menerapkan protokol kesehatan COVID-19 saat berolahraga di sekitaran Mal Cijantung.

"Ya untuk itu silakan dinilai, kami sudah imbau tapi ternyata tetap aja masih begini. Di antaranya berkerumun tetap, atau yang masih tidak memakai masker. Ada juga yang menggunakan masker tapi tidak digunakan dengan baik," jelas dia.

Terpantau di Taman Cijantung, petugas Dishub mengingatkan warga untuk pergi meninggalkan lokasi. Dengan memakai pengeras suara, petugas menginformasikan bahwa CFD ditiadakan dan meminta pengunjung yang berkerumun untuk meninggalkan Taman Cijantung.

"HBKB (hari bebas kendaraan bermotor) ditiadakan, diimbau untuk masyarakat yang tak berolahraga atau tak berkepentingan untuk meninggalkan lokasi. CFD ditiadakan karena wilayah ini masih zona merah. Dilarang berkerumun," ujar petugas Dishub dengan pengeras suara.

Satu per satu warga pun mulai beranjak pergi. Dishub masih di sekitar Taman Cijantung untuk memberi imbauan.

Tonton video 'Satgas Covid-19: 8 Kabupaten/Kota Jadi Zona Merah Selama 1 Bulan':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)