Gunung Sinabung Masih Siaga, Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 5 Km

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 08:54 WIB
Erupsi Gunung Sinabung pada Sabtu (8/8/2020) pukul 17.18 WIB.
Foto: Erupsi Gunung Sinabung pada Sabtu (8/8/2020) pukul 17.18 WIB. (Dok Kementerian ESDM)
Medan -

Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, masih berstatus siaga. Meski erupsi terakhir terjadi kemarin sore, warga tetap diminta tak beraktivitas di wilayah dengan radius hingga 5 Km.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur dan 4 Km untuk sektor timur-utara," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen, Minggu (9/8/2020).

"Sinabung level III atau siaga," sambungnya.

Dia mengatakan saat ini cuaca di sekitar Gunung Sinabung terpantau mendung dengan suhu 19 derajat celcius. Asap kawah disebut tidak teramati.

"Gunung kabut 0-I hingga kabut 0-II. Asap kawah tidak teramati," ucapnya.

Dia menyebut terjadi dua gempa embusan dan dua gempa vulkanik dalam pada pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB. Warga diminta memakai masker jika keluar rumah untuk mencegah dampak sisa hujan abu vulkanik yang terjadi kemarin.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ucapnya.

Sebelumnya, erupsi Gunung Sinabung terjadi pada Sabtu (8/8). Setidaknya ada dua kali erupsi, yakni pada dini hari dan sore kemarin.

Hujan abu vulkanik juga sempat terjadi di sejumlah wilayah di Karo. Belum ada informasi kerusakan ataupun korban akibat erupsi.

Tonton video 'Penampakan 3 Kecamatan Tertutup Abu Pascaerupsi Gunung Sinabung':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idn)