Prabowo: Kalau Kita Lebih Lihai, Suara Gerindra Mungkin Bisa Lebih

M Ilman Na'fian - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 17:06 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri perayaan HUT ke-12 Partai Gerindra. Tiba di lokasi acara, Prabowo terlihat semringah.
Foto: Prabowo Subianto. (Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta -

Partai Gerindra menggelar kongres luar biasa (KLB) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Prabowo Subianto yang baru saja kembali dikukuhkan sebagai Ketua Umum untuk periode 2020-2025, menyinggung soal perolehan suara Pemilu 2019 yang mengalami peningkatan.

Menurut Prabowo, perolehan suara Gerindra bisa didapat lebih apabila berbagai cara dilakukan. Namun, ia tetap mengapresiasi para kader Gerindra.

"Mungkin kalau kita lebih piawai lagi, kalau kita lebih lihai, kalau kita silatnya lebih indah lagi, mungkin suaranya bisa lebih tetapi ini adalah hasil jerih payah, hasil kerja keras dan terutama hasil keberhasilan kita mengumandangkan harapan dan aspirasi rakyat Indonesia. Bagaimana partai kita bisa mencapai ini tanpa kekuasaan. Banyak yang kita tidak punya," ujar Prabowo dalam pidato pertanggungjawabannya sebagai Ketua Umum Gerindra Periode 2015-2020 di KLB Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Prabowo menerangkan, selama Partai Gerindra mengikuti Pemilu dari 2009 hingga 2019, perolehan suaranya terus mengalami peningkatan. Ia mengatakan, perolehan suara Gerindra pada Pemilu 2019 meningkat lebih dari 2 juta dibanding Pemilu 2019.

"Saudara-saudara, jumlah perolehan suara kita dari tahun ke tahun, dari pemilu ke pemilu terus mengalami kenaikan. Pemilu 2019 yang lalu perolehan suara kita meningkat 2.761.856 dibandingkan 2014 dan berhasil menempatkan partai Gerindra sebagai partai politik peringkat kedua secara perolehan nasional sebesar 17.522.227 (suara). Ini meningkat dibandingkan pemilu 2014 di mana Gerindra menempati perolehan suara nasional terbesar ketiga, lumayan juga sebagai partai pendatang, kita bisa partai ketiga di 2014," katanya.

Prabowo Subianto dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum pada KLB Gerindra. Saat membuka acara, Menteri Pertahanan ini menyinggung ketua umum partai yang pangkatnya lebih tinggi tapi ia mampu membawa Gerindra berada di posisi kedua pada Pileg 2019.

"Ada juga ketua umum partai yang bintangnya lebih banyak dari ketua umum kalian. Aku dari kecil ingin bintang 4 dikasih bintang 3 ya terima kasih. Lumayan bintang tiga. Daripada teman-teman saya yang masih letkol, kolonel. Bukan kita besar karena ketua umumnya. Bukan karena tokoh-tokohnya. Ada pengaruh benar," kata Prabowo.

"Tapi yang tidak disadari banyak orang, yang tidak disadari diri kita adalah kita besar sebuah gerakan politik bisa besar kalau gerakan politik itu menyuarakan hati rakyat. Kalau kita berhasil menangkap keluhan rakyat. Kita berhasil menangkap cita-cita rakyat," tambah dia.

Prabowo Subianto resmi ditetapkan kembali sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Gerindra, sore ini. Dalam kesempatan itu, Prabowo mengaku siap menjadi Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Gerindra. Prabowo akan memimpin partai berlogo burung garuda itu pada periode 2020-2025.

"Kalau itu memang permintaan kongres luar biasa ini, saya menyatakan saya siap sebagai ketua umum," kata Prabowo.

(elz/ear)