Mega Sambutan di KLB Gerindra, Sinyal Koalisi dengan PDIP di Pemilu 2024?

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 13:55 WIB
KLB Gerindra di Hambalang, Bogor.
KLB Gerindra di Hambalang, Bogor. (Ilman/detikcom)
Bogor -

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan secara virtual di acara Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra. Megawati merupakan satu-satunya ketua partai politik lain yang diberi kesempatan memberi sambutan.

Peserta sekaligus peninjau dari DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan alasan Megawati diberi kesempatan memberi sambutan adalah kapasitasnya sebagai Presiden RI ke-5. Selain itu, pihaknya tidak dapat mengundang tokoh parpol lain secara langsung karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Kita memang nggak bisa mengundang berbagai tokoh karena keterbatasan dan di dalam kita juga dibatasi. Dewan pembina nggak semua hadir, pengurus DPP juga dibatasi, bahkan wasekjen dan wabemdum juga tidak hadir. Mungkin saya rasa kapasitas Bu Mega sebagai Presiden RI yang ke-5," ujar Andre di lokasi KLB Gerindra di Hambalangan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Lalu, apakah pemberian waktu sambutan Mega di KLB sebagai pertanda Gerindra akan berkoalisi PDIP di Pemilu 2024? Andre mengatakan koalisi Gerindra dan PDIP bisa saja terjadi pada Pemilu 2024.

"Memang secara politik tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti 2024 bisa saja Partai Gerindra berkoalisi dengan PDI Perjuangan Pilpres 2024, karena sekali lagi Partai Gerindra, partai yang terbuka bekerja sama dengan partai apa pun dalam bingkai NKRI dan tentu dalam rangka menjaga kesatuan RI," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2