Pemilik Ungkap Detik-detik Rumah di Ciputat Dibakar Selingkuhan Eks Istri

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 10:37 WIB
Penampakan Terkini Rumah Sekeluarga yang Dibakar Selingkuhan Istri di Ciputat
Penampakan rumah yang dibakar di Ciputat (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Tangerang Selatan -

Rumah milik Herman (38) di Ciputat, Tangerang Selatan, hangus setelah dibakar oleh Sutanto (38). Diketahui, motif Sutanto membakar rumah tersebut karena SM, mantan istri Herman, tidak mau diajak hidup bersama.

detikcom bertemu dengan Herman di rumahnya di Ciputat, Tangerang Selatan, pada Jumat (7/8/2020). Herman pun menceritakan detik-detik peristiwa rumahnya dibakar pada Selasa (4/8) dini hari lalu.

"Awalnya kan jam 11.00 malam saya jemput anak saya di rumah kakak saya, suruh tidur kan. Kemudian pas masuk pintu saya kunci, saya lihat memang nggak ada orang, sepi di luar. Terus sekitar jam 23.30 WIB anak saya tidur," jelas Herman.

Herman pun tidur di kamarnya. Sekitar pukul 02.00 WIB, Herman terbangun karena mendengar ibunya, NS (62), berteriak.

"Saya dengar suara ibu saya teriak kepanasan, pas saya keluar dari kamar tiba-tiba ada api keluar di kasur ibu saya gitu," imbuhnya.

Melihat hal itu, Herman mengambil air dari kamar mandi dan menyiramkannya ke kasur. Api mulai padam dan ketika hendak mengambil air kembali tiba-tiba Herman melihat api muncul di kamar anaknya.

Herman kemudian menghampiri untuk menyelamatkan anaknya dan api meletup mengenai wajahnya. Seketika pandangan matanya terlihat gelap dan sesak napas. Herman lalu lari ke dapur untuk membongkar lubang angin.

"Saya jebol, saya naik tembok sebelah, saya naik genteng saya sambil teriak minta tolong tetangga. Terusnya saya sambil jebol-jebol genteng kamar atap anak saya tuh biar udara keluar asapnya banyak banget tuh," katanya.

Ketika Herman sedang mencari pertolongan, ia mendengar teriakan anaknya meminta tolong.

"Saya jebol plafonnya saya panggil-panggil, dia masih ada, masih panggil-panggil saya, 'Papah... Papah...' gitu. Saya bilang 'tunggu sebentar, Papah mau turun nih'," jelasnya.

Sementara itu, Herman melihat warga sudah ramai di luar. Warga berjibaku memadamkan api di rumahnya. Pintu rumah Herman didobrak dan seketika Herman bersama ibu dan anaknya menyelamatkan diri ke luar rumah. Seketika para korban dilarikan ke RS Hermina.

"Akhirnya nggak lama api padam, anak saya terselamatkan dengan ibu saya. Buru-buru digotong di depan langsung ngambil mobil paman saya, dibawa ke RS Hermina masuk UGD," tuturnya.

Akibat kejadian ini, Herman tidak hanya kehilangan harta bendanya. Ibunda dan anaknya juga menjadi korban dalam kejadian ini.

Sutanto sendiri telah ditangkap polisi pada Kamis (6/8) malam di Cinere, Depok. Kepada polisi, Sutanto mengaku sengaja membakar rumah korban karena sakit hati lantaran SM, yang merupakan mantan istri korban, tidak mau diajak tinggal bersama.

(mei/mei)