Diviralkan Bikin Tantangan Resmi ke Umat Islam, Ini Kata Budi Djarot

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 05:50 WIB
Video Budi Djarot dinarasikan menantang umat Islam diviralkan di medsos (dok. Internet)
Foto: Video Budi Djarot dinarasikan menantang umat Islam diviralkan di medsos (dok. Internet)
Jakarta -

Video pentolan Gerakan Jaga Indonesia (GJI) Budi Djarot tengah ramai dibagikan di media sosial (medsos) dan YouTube. Video tersebut dinarasikan sebagai ungkapan tantangan Budi Djarot kepada umat Islam.

Sebuah postingan di Twitter yang dibuat akun @hermanat3 cukup banyak dibagikan pengguna Twitter lainnya. Dilihat detikcom pada Jumat (7/8/2020) malam, postingan tersebut mendapat suka (likes) 1.000 lebih dan retweet lebih dari 710.

Di dalam postingan tersebut terdapat video Budi Djarot berdurasi 1 menit 20 detik disertai tulisan 'cuplikan'. Di bagian akhir, muncul video 4 detik berisi sosok Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab yang tengah berbicara di depan orang-orang.

"Jika ini benar pernyataan budi djarot, maka ini sebuah tantangan resmi kepada umat islam," demikian bunyi keterangan (caption) dalam postingan tersebut.

Di video tersebut Budi Djarot berbicara bahwa dirinya adalah orang yang bertanggung jawab atas aksi demonstrasi pada 27 Juli lalu di depan gedung DPR/MPR. Diketahui aksi tersebut disorot karena ada peristiwa upaya pembakaran poster Habib Rizieq.

Peristiwa tersebut memancing kemarahan sejumlah pihak. FPI bersama GNPF Ulama dan PA 212 mengecam tindakan tersebut hingga berencana melapor ke pihak kepolisian.

Kembali ke dalam video, Budi Djarot menyatakan tidak bersembunyi. Di video tersebut, terdapat potongan omongan Budi Djarot yang menantang kepada pihak manapun untuk membuktikan komunisme hidup di negara Pancasila.

"Perlu dipahami kemarahan saya, termasuk orang yang ada di poster itu, saya akan tantang kalian. Siapa yang bisa membuktikan komunisme bisa hidup di negara Pancasila yang saya perangi. Siapa saja, gerombolan manapun yang mengusung panji khilafah, yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dengan tujuan mengislamkan Indonesia. Bahwa beliau mendirikan bangsa ini, mendirikan negara ini tidak berdasarkan agama," ujar Budi Djarot dalam video tersebut.

Tonton juga 'Sebut Habib Rizieq Sampah, Boedi Djarot Dipolisikan FPI':

[Gambas:Video 20detik]

Video serupa dengan durasi lebih panjang ditemukan di YouTube yang diunggah kanal BENTENG RAKYAT. Video berisi pernyataan Budi Djarot itu diberi judul GEMP4RRR..!!! PERTAMA KALI BUDI DJAROT ANGKAT BICARA N4NT4NG2 PENGIKUT HABIB RIZIEQ dan berdurasi total 17 menit 38 detik. Namun, jika dilihat, video pernyataan Budi Djarot hanya berdurasi sekitar 12 menit. Video tersebut diunggah 4 Agustus dan sudah dilihat lebih dari 60 ribu kali.

Terkait video tersebut, Budi Djarot memberi penjelasan. Dia menepis tuduhan menantang umat Islam. Dia menilai video tersebut dibuat narasi propaganda.

Selanjutnya
Halaman
1 2