Kemendagri: Pemda Wajib Tutup Kembali Sekolah Bila Ditemukan Kasus Corona

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 22:07 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Selain itu, Hudori meminta kepala daerah setempat agar melakukan kewajiban memenuhi pelayanan standar minimal terkait pendidikan. Menurutnya, pendidikan adalah kebutuhan dasar untuk masyarakat.

"Gubernur, bupati, wali kota sesuai kewenangannya dalam menjalankan kewajibannya untuk melaksanakan urusan wajib layanan dasar. Pendidikan merupakan kebutuhan layanan dasar, ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang SPM, di mana di masa pandemi COVID-19 tetap berpedoman dalam SKB 4 menteri," ucap Hudori.

Dia juga meminta agar pemda setempat terus melakukan koordinasi dengan kantor wilayah agama dan Satgas COVID-19 setempat guna mengimplementasikan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TA 2020/2021 pada Masa Pandemi COVID-19.

"Lalu, pemda dalam melaksanakan implementasi SKB agar dapat bersinergi dengan kantor wilayah agama provinsi dan kabupaten/kota serta selalu berkoordinasi dengan Satgas COVID di daerah," tuturnya.

Diketahui, pemerintah RI memutuskan membuka sekolah di daerah zona hijau dan kuning Corona. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran tatap muka di zona kuning harus dilakukan dengan persyaratan dan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami beserta 3 kementerian (Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Kesehatan) lainnya mengimplementasikan perluasan pembelajaran tatap muka untuk zona kuning. Peluasan tatap muka zona kuning," kata Nadiem dalam telekonferensi di YouTube Kemendikbud RI pada Jumat (7/8).

Halaman

(fas/fas)