Seleksi Mandiri UGM 2020: Syarat, Prosedur, dan Jadwal Lengkap

Erwin Dariyanto - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 07:53 WIB
Gerbang kampus UGM.
Foto: Dok Humas UGM
Jakarta -

Seleksi Mandiri UGM 2020 digelar Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai alternatif bagi calon mahasiswa yang belum beruntung menempuh jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jalur seleksi mandiri UGM menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lain.

Dikutip dari laman um.ugm.ac.id jalur ini memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi masuk UGM. Calon mahasiswa bisa memilih tiga program studi yakni program diploma IV, Sarjana Terapan, atau Program Sarjana.

Namun mengingat saat ini dalam situasi Pandemi COVID-19, kebijakan yang diterapkan pihak UGM berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikutip dari laman um.ugm.ac.id, salah satu yang berbeda adalah tahun ini UGM meniadakan penerimaan mahasiswa baru Sekolah Vokasi Gelombang 2.

"Sehubungan dengan kondisi saat ini, penerimaan mahasiswa baru Sekolah Vokasi Gelombang 2 ditiadakan," tulis panitia Seleksi Mandiri UGM 2020 seperti dikutip dari laman um.ugm.ac.id.

Nah dokumen apa saja yang diperlukan, apa syarat, prosedur dan jadwal lengkap Seleksi Mandiri UGM 2020? Berikut ini detikcom rangkum dari laman um.ugm.ac.id.

Syarat Seleksi Mandiri UGM 2020

1. Warga Negara Indonesia;
2. Lulusan SMA, SMK, MA atau yang sederajat. Lulus tahun 2020, 2019 atau 2018
3. Bagi lulusan tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada);
4. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019 dan 2018 harus memiliki ijazah;
5. Mengikuti dan mempunyai nilai UTBK Tahun 2020;
6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.


Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri UGM 2020


1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online;
2. Memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana. Urutan pilihan menunjukkan skala prioritas;
3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat.
4. Mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
5. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA
6. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.


Kelengkapan Dokumen Pendaftaran Seleksi Mandiri UGM 2020


Bagi yang ingin mendaftar Seleksi Mandiri UGM 2020 harus mengunggah sejumlah dokumen dalam bentuk pdf. Ukuran minimal masing-masing file dokumen adalah 150KB dan maksimal 800KB. Dokumen harus discan dengan hasul jelas dan dapat dibaca.

Berikut ini dokumen yang diperlukan:

1. Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah (apabila sudah ada) bagi lulusan tahun 2020
2 Ijazah asli bagi lulusan tahun 2019 dan 2018
3 Kartu Peserta UTBK-SBMPTN Tahun 2020
4 Rapor kelas X-XII Semester 1-5 bagian pengetahuan/akademik
5. KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
6. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di laman um.ugm.ac.id )
7. Sertifikat juara 1 - 3 dalam perlombaan tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diperoleh sewaktu SMA/SMK/MA untuk bidang yang relevan dengan program studi pilihan pertama (misalnya juara 1 OSN Kimia sertifikatnya dapat diunggah apabila program studi pilihan pertamanya Kimia atau Teknik Kimia). Apabila tidak mempunyai sertifikat tidak wajib mengupload dokumen sertifikat juara.


Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri UGM 2020

a. Pendaftaran Online: 15 Juli (mulai pukul 22.00 WIB) sampai 10 Agustus 2020 (pukul 23.59 WIB)

b. Pengumuman Hasil: 27 Agustus 2020 (pukul 22.00 WIB)

Panitia Seleksi Mandiri UGM 2020 mengingatkan pendaftar untuk meneliti ulang seluruh isian biodata sebelum mengunci data (submit). Sebab perubahan data maupun dokumen tidak bisa dilakukan setelah pendaftar mengunci data dan mendapat kode pembayaran.

(erd/nwy)