Ini Dia Daftar Program Studi Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

Sukma Indah Permana - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 13:21 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM). (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Yogyakarta -

Selain memiliki program Sarjana dan Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga memiliki Sekolah Vokasi. Terdapat dua kelompok yakni IPA dan IPS di Program Studi Sekolah Vokasi UGM.

Dilansir di website resmi Sekolah Vokasi UGM, ugm.ac.id, disebutkan, Sekolah Vokasi UGM dibentuk dengan Peraturan Rektor UGM pada 2008. Sekolah Vokasi pada tahun 2009 mempunyai 22 program studi (prodi) Diploma 3. Perkembangannya, Sekolah Vokasi UGM memiliki 27 prodi pada tahun 2013.

Sekolah Vokasi UGM merupakan pendidikan vokasi seperti Politeknik, yang berada di dalam tata kelola UGM. Sekolah Vokasi UGM saat ini melakukan transformasi dengan mengelola Sarjana Terapan baik di bidang sains dan teknologi dan bidang sosial humaniora, serta program studi yang lain yang akan dikembangkan kemudian.

Berikut ini daftar program studi Sarjana Terapan Sekolah Vokasi UGM, dikutip dari situs resminya:

Kelompok IPA
1. Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan

1. Manajemen Informasi Kesehatan
Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan ini mempersiapkan sarjana terapan bidang rekam medis dan informasi kesehatan dengan kompetensi unggulan kodefikasi penyakit terkait klaim asuransi kesehatan, analisis data kesehatan, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang pelayanan dan manajemen informasi kesehatan.

2. Departemen Teknik Mesin

1. Teknologi Rekayasa Mesin
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan bidang teknik mesin yang menguasai perancangan komponen dan alat-alat mekanikal sederhana maupun komplek dengan software yang terstandarisasi. Selain itu, lulusan program ini juga dipersiapkan memiliki penguasaan teori yang kuat.

2. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat
Sarjana program ini dipersiapkan untuk bisa menguasai teknik perawatan dan pemeliharaan alat berat dengan aplikasi teknologi.

3. Departemen Teknik Sipil

1. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastuktur Sipil
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan bidang teknik sipil yang kompeten dalam teknologi rekayasa pengelolaan dan pemeliharaan (operation, maintenance, repair, rehabilitation, reconstruction) infrastruktur sipil meliputi bangunan gedung, bangunan transportasi dan bangunan air.

4. Departemen Teknik Elektro dan Informatika

1. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan bidang pengembangan perangkat lunak yang memiliki kemampuan analisis, desain, perancangan, validasi, pengembangan (pemrograman), penjaminan kualitas, dan keamanan perangkat lunak (software) serta pemanfaatan multimedia untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

2. Teknologi Rekayasa Elektro
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan bidang teknologi pembangkitan yang menguasai penyaluran dan instalasi pemanfaatan energi listrik, pengoperasian/pemeliharaan/pengendalian mesin-mesin listrik/otomasi industri, serta analisis berbasis praktek.

3. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan bidang Instrumentasi dan Kontrol dengan kompetensi unggulan dalam perancangan, pengoperasian, dan perbaikan suatu sistem Instrumentasi, Metrologi, Kontrol, Otomasi, dan Robotika di Industri.

4.Teknologi Rekayasa Internet
Program studi itu mempersiapkan sarjana terapan bidang Teknologi Informasi yang fokus pada bidang pengembangan dan penerapan teknologi jaringan komputer dan internet, dengan melibatkan matematika dan logika, perangkat keras dan perangkat lunak.

5. Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner

1. Pengelolaan Hutan
Program studi itu mempersiapkan sarjana terapan di bidang kehutanan yang memiliki keahlian perencanaan dan pengelolaan hutan di tingkat tapak, serta penyuluhan kehutanan.

2. Teknologi Veteriner
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan di bidang teknologi veteriner meliputi kesejahteraan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengendalian penyakit hewan, dan bioteknologi untuk mewujudkan keamanan dan ketahanan pangan.

3. Pengembangan Produk Agroindustri
Program studi ini mempersiapkan sarjana terapan di bidang agroindustri yang terampil dalam mengkaji permasalahan existing product, mengembangkan produk dan kemasan, menilai kelayakan produk, hingga melakukan scale up produksi.

Selanjutnya
Halaman
1 2