'Buaya Siluman' di Bangka Belitung Memang Jumbo tapi Masih Kalah dengan Lolong

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 11:14 WIB
Zoologis dari Australia Adam Briton saat mengukur buaya Lolong. (Richard Grande/AFP)
Zoologis dari Australia Adam Briton saat mengukur buaya Lolong. (Richard Grande/AFP)
Jakarta -

Buaya berukuran jumbo di Pulau Bangka menjadi viral. Buaya yang dianggap buaya siluman itu terlihat besar sekali saat diangkut menggunakan buldoser. Ternyata, buaya ini bukan yang terbesar dari jenisnya.

Ilmuwan dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Amir Hamidi, menjelaskan bahwa buaya itu adalah buaya muara atau Crocodylus porosus. Buaya ini memang bisa tumbuh besar seperti yang tampak pada video viral itu.

"Dari sisi ukuran, buaya muara jantan dominan bisa mencapai ukuran yang besar," kata Amir kepada detikcom, Jumat (7/8/2020).

Buaya itu dianggap warga sebagai siluman. Terlihat buaya itu melebihi ukuran bak buldoser. Bobotnya 500 kg dan panjangnya 4,8 meter.

"Rekor terbesar ukuran buaya muara adalah 6 meter. Itu tercatat di Guinness World of Records. Buaya 6 meter itu bernama Lolong, berasal dari Mindanao Filipina," kata Amir.

Lolong si buaya raksasa itu ditemukan hidup-hidup di Bunawan pada September 2011. Hewan raksasa itu ditemukan dalam operasi perburuan yang diprakarsai pemerintah setempat, setelah muncul rumor bahwa binatang itu telah memakan seorang nelayan dan menggigit kepala seorang pelajar putri.

Buaya berukuran besar diarak menggunakan bulldozer.Buaya berukuran besar diarak menggunakan buldoser. (Screenshoot video)

Tonton video 'Detik-detik 'Buaya Raksasa' Dievakuasi dari Sungai saat Masih Hidup:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2