Gibran Putra Jokowi 'Ditantang' Kotak Kosong

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 07:00 WIB
Gibran Rakabuming Raka mantap untuk mengikuti Pilkada Solo. Dengan memakai baju warna merah, Gibran menjemput tiket dari PDIP untuk maju bertarung di Pilkada Solo.
Gibran Rakabuming (Foto: Bayu Ardi Isnanto)

Sementara itu 'tantangan' kotak kosong para pegiat lantaran tak ada lawan politik pun dijawab oleh Gibran Rakabuming Raka. Tantangan itu disebut tak menjadi permasalahan baginya.

Dia juga mengatakan tak mempermasalahkan ada atau tidak ada lawan di Pilkada Solo. Hal tersebut menurutnya berada di ranah KPU.

"Itu kan yang menentukan KPU. Tidak masalah (ada atau tidak ada lawan)," kata Gibran di sela acara Musyawarah Ranting se-Kecamatan Pasar Kliwon, di Ndalem Mloyokusuman, Baluwarti, Solo, Kamis (6/8/2020).

Senada dengan Gibran, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo juga tak mempermasalahkan hal tersebut. Rudy mengatakan kadernya sudah memanaskan mesin untuk memenangkan Gibran-Teguh. Ada ataupun tidak ada lawan bukan masalah baginya.

"Ada lawan kita bekerja, tidak ada lawan kita juga bekerja, itu karena perintah partai, bukan perintah saya," kata Rudy.

Menurutnya, gerakan kotak kosong tersebut juga tidak melanggar aturan. Hal tersebut sebagai bentuk jalannya sebuah demokrasi.

"Nggak masalah gerakan kotak kosong, PDIP tetap jalan. Saya tanggung jawab di PDIP, silakan saja kotak kosong, karena diatur boleh kotak kosong ya nggak masalah," katanya.

Halaman

(elz/van)