KSAD Jenderal Andika Pimpin Sertijab Pangkostrad-Pangdam Jaya

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 23:08 WIB
Kasad Pimpin Sertijab 7 Jabatan Penting di TNI AD
Kasad Pimpin Sertijab 7 Jabatan Penting di TNI AD (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, memimpin acara serah terima jabatan Pangdam Jaya, Pangkostrad, dan 5 jabatan penting lainnya di tubuh TNI AD. Selain itu, Andika juga turut menerima penyerahan dua jabatan penting di jajaran TNI AD.

Upacara sertijab ini dilaksanakan di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, pada Kamis (6/8) pagi. Ada 7 jabatan penting yang diserah terimakan saat upacara sertijab ini.

Tujuh jabatan penting di jajaran TNI AD yang diserahterimakan yaitu jabatan Pangkostrad, Pangdam II/Sriwijaya, Pangdam VI/Mulawarman, Pangdam Jaya, Gubernur Akmil, Asisten Personel Kasad, dan Kadislitbangad, serta penyerahan dua jabatan lainnya yaitu jabatan Danpusterad dan Kapuskesad.

Jabatan Pangkostrad diserahterimakan dari Letjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Mayjen TNI Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya, sedangkan jabatan Pangdam Jaya diserahkan kepada Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akmil.

Selanjutnya jabatan Gubernur Akmil yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Dudung Abdurachman diserahkan kepada Brigjen TNI Totok Imam. Kemudian Pangdam II dari Mayjen TNI Irwan kepada Mayjen TNI Agus Suhardi, Pangdam VI dari Mayjen TNI Subiyanto kepada Mayjen TNI Heri Wiranto yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Personel Kasad.

Jabatan Asisten Personel Kasad pun turut pula diserahterimakan dari Mayjen TNI Heri Wiranto kepada Brigjen TNI Mulyo Aji yang sebelumnya menjabat sebagai Kadislitbangad. Jabatan Brigjen TNI Mulyo Aji pun saat ini diserahterimakan kepada Kolonel Inf Marjani.

Selain serah terima 7 jabatan, Andika juga menerima penyerahan dua jabatan yakni Danpusterad dan Kapuskesad. Jabatan Danpusterad yang dijabat oleh Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan jabatan Kapuskesad Mayjen TNI dr Asrofi Sueb Surachman,

"Penyerahan jabatan kepada Kasad dilakukan sehubungan dengan kedua Perwira Tinggi tersebut telah memasuki purnatugas dalam kedinasan militer," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangannya yang diterima, Kamis (6/8/2020).

Rangkaian acara tersebut dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan pejabat yang menyerahkan jabatan kepada Kasad di Videotron Mabesad. Selanjutnya acara diakhiri dengan prosesi sertijab dan penyerahan jabatan.

(maa/zap)