Tingkatkan Pelayanan Saat Pandemi, Bupati Polman Ngantor di Alam Terbuka

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 20:42 WIB
Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, memutuskan memindahkan aktivitas kantornya di alam terbuka. (Abdy Febriady/detikcom)
Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, memutuskan memindahkan aktivitas kantornya di alam terbuka. (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar -

Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar memutuskan memindahkan aktivitas kantornya di alam terbuka. Hal itu dilakukan demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Salah satu kantor terbuka Ibrahim Masdar ialah di Kawasan Sport Center, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali. Di sana, aktivitas perkantoran, baik urusan administrasi maupun melayani tamu, dilakukannya di bawah pepohonan.

Terlihat sejumlah meja dan kursi disiapkan untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu yang hendak bertemu dengan Ibrahim Masdar. Tampak juga sejumlah petugas Satpol PP bersiaga melakukan pengawasan termasuk melakukan pengecekan suhu tubuh setiap tamu.

Sebuah wastafel mobile juga disiapkan agar para tamu terlebih dahulu mencuci tangan dengan bersih.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Aco Musaddad mengatakan kegiatan berkantor di taman merupakan inovasi Bupati untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga di pandemi.

"Karena beliau ini merupakan seorang Bupati yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga beliau membuat inovasi berkantor di taman sport center. Ini sudah kami umumkan kepada masyarakat, bagi yang ingin bertemu bupati bisa menemui beliau di tempat ini," kata Aco kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Menurut Aco, konsep berkantor di alam terbuka dilakukan setelah meminta masukan dari masyarakat.

"Kemudian konsep ini kita lakukan dengan meminta masukan dari masyarakat, kalau misalnya lebih efektif kita lanjutkan. Kami sudah berkantor di sini kurang lebih seminggu, dan respons masyarakat sangat bagus, beliau juga tidak terlalu protokoler menerima tamu," ungkapnya.

Kendati berkantor di alam terbuka, sehari-hari Ibrahim Masdar tetap melakukan kunjungan langsung ke lapangan. "Misalnya melihat ada berapa infrastruktur yang kurang bagus, tetap dilakukan kunjungan seperti itu, ini tetap jalan semua dan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Aco.

(jbr/jbr)