Ini Alasan Gerindra Gelar Kongres Luar Biasa 8 Agustus

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 18:54 WIB
Foto: Screenshot drooftalk Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman
Foto: Screenshot d'rooftalk Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman
Jakarta -

Partai Gerindra akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) akhir pekan ini. Juru bicara (jubir) Gerindra, Habiburokhman, menjelaskan, KLB digelar karena pandemi virus Corona.

"Sebagaimana diatur (dalam Anggaran Dasar Gerindra) Pasal 33 ayat (1) huruf a, KLB dilaksanakan karena ada hal ihwal kegentingan memaksa," kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

"Kegentingan tersebut antara lain pandemi COVID-19, yang selain sangat membahayakan kesehatan dan keselamatan bangsa, juga membawa dampak ekonomi yang sangat berat," imbuhnya.

Gerindra memastikan akan berperan aktif membantu masyarakat bertahan di tengah pandemi. "Gerindra, sebagai sebuah partai, harus bisa merespons kondisi ini dengan tepat. Intinya, bagaimana bisa berperan maksimal membantu rakyat menghadapi COVID-19," ujar Habiburokhman.

Gerindra sedari awal mengagendakan menggelar kongres tahun ini. Namun diubah menjadi gelaran KLB.

"Ya, jadwal kongres itu memang tentatif. Tapi, keluarbiasaannya, antara lain karena pendemi," ujar Habiburokhman.

Ketua DPP Gerindra itu juga mengungkapkan agenda yang akan dibahas dalam gelaran KLB Gerindra. Salah satunya, yakni pengukuhan ketua umum.

"Ya, kongres tentu bicara hal strategis 5 tahun ke depan, mulai dari format pembangunan partai, sampai pemilihan atau pengukuhan ketum," jelasnya.

Sebelumnya, KLB Gerindra akan digelar di Jakarta pada 8 Agustus. Salah satu agendanya adalah melakukan konsolidasi mengenai penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi virus Corona.

"KLB Gerindra yang akan dilaksanakan pada 8 Agustus itu adalah untuk melakukan konsolidasi, terutama menyikapi pilkada yang berlangsung di tengah pandemi ini," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8).

(zak/gbr)