7 Kandidat Vaksin Corona Masuk Uji Klinis Fase III, Ini Daftarnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 17:31 WIB
Otoritas Thailand telah mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Vaksi yang dikembangkan sendiri oleh negara ini akan siap pada tahun depan.
Ilustrasi Vaksin Corona. (Foto: AP/Sakchai Lalit)
Jakarta -

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito menerangkan saat ini sudah ada 7 kandidat vaksin yang masuk uji klinis fase III. Tujuh kandidat vaksin itu diuji di beberapa negara.

"Yang memasuki fase 3 dalam uji klinisnya yaitu 7 kandidat vaksin. Yang pertama itu Sinovac, kedua adalah Wuhan Institute of Bilogical product atau Sinopharm, ketiga Beijing Institute of Biological product juga dari Sinopharm. Mereka punya dua kandidat vaksin, BioNTech atau Fosun Pharma, berikutnya adalah Universitas Oxford bekerjasama dengan Astrazeneca, Moderna dengan NIAID dari Amerika, Universty of Melbeourn dan Murdoch Children's Research Institute," kata Wiku, dalam tayangan yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

Uji klinis adalah proses uji coba vaksin pada manusia. Umumnya, tahapan ini akan melalui tiga proses yaitu Fase I, Fase II dan Fase III.

Untuk fase III ini, Wiku menjelaskan, yakni tahap di mana kandidat vaksin diberikan para ribuan orang untuk memastikan keamanannya, termasuk efek samping yang jarang terjadi serta keefektifannya.

"Semua pihak yang ada di dunia berusaha mendapatkan vaksin yang aman dan efektif untuk COVID-19, termasuk Indonesia, kami tetap berusaha keras agar bisa mendapatkan vaksin ini dalam jumlah besar untuk bisa melindungi rakyat Indonesia," sambung Wiku.

Selain 7 kandidat vaksin Corona sudah masuk uji klinis tahap III, adapun 139 kandidat vaksin baru masuk tahap ke dalam preklinis. Kemudian 25 kandidat vaksin yang berproses di uji klinis tahap I.

"Ada 17 dengan uji klinis tahap II," kata Wiku.

Tonton video 'Ketua Riset COVID-19: Buat Obat Itu Prosesnya Panjang':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/gbr)