Satgas COVID-19: Belum Ada di Dunia Vaksin Corona yang Lulus Uji

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 17:01 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan soal perkembangan vaksin Corona di seluruh dunia. Wiku menerangkan vaksin Corona masih tahap uji klinis dan belum ada yang lulus uji.

"Semua negara berlomba mengembangkan vaksin karena vaksin adalah salah satu cara untuk melindungi masyarakat dunia. Karena itu, kami perlu sampaikan bahwa ada cukup banyak kandidat vaksin yang dikembangkan," kata Wiku dalam tayangan yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

Wiku memaparkan sejumlah 130 kandidat vaksin Corona beserta tahapan pengembangannya. Dia menegaskan belum ada vaksin yang lulus uji.

"Selama ini, pada saat ini, yang terkini ada 139 kandidat vaksin masuk ke dalam praklinis dan ada 25 kandidat vaksin yang berproses di uji klinis tahap 1, ada 17 dengan uji klinis tahap kedua, dan ada 7 uji klinis tahap ketiga, dan belum ada satu pun di dunia yang sudah lulus uji," imbuh Wiku.

Wiku menerangkan seluruh negara sedang berupaya menghasilkan vaksin Corona, termasuk Indonesia. Vaksin yang sedang masuk uji klinis fase ketiga, kata Wiku, akan diberikan kepada ribuan orang untuk memastikan keamanannya.

"Mencari yang terbaik di dunia yang tercepat dan efektif begitu juga mengembangkan vaksin yang ada di Indonesia. Kami perlu sampaikan uji vaksin tahap ketiga ini diberikan pada ribuan orang untuk memastikan keamanannya termasuk efek samping yang jarang terjadi serta keefektifannya," paparnya.

"Semua pihak yang ada di dunia berusaha mendapatkan vaksin yang aman dan efektif untuk COVID-19, termasuk Indonesia. Kami tetap berusaha keras agar bisa mendapatkan vaksin ini dalam jumlah besar untuk bisa melindungi rakyat Indonesia," sambung Wiku.

(idn/gbr)