Pilwalkot Cilegon, Iye-Awab Galang Dukungan Parpol Non-Parlemen

M Iqbal - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 15:30 WIB
Ketua Dewan Pengarah Tim Pemenangan Iye-Awab, Alawi Mahmud (M Iqbal/detikcom)
Ketua Dewan Pengarah Tim Pemenangan Iye-Awab, Alawi Mahmud (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Koalisi PAN, Demokrat, dan PPP, yang mengusung bakal pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Cilegon, Iye Iman Rohiman-Awab, menggalang dukungan partai nonparlemen di Kota Cilegon. Sudah enam partai yang digalang untuk memenangkan Iye-Awab.

"Isi percakapannya adalah tentang bersama-sama menatap langkah-langkah politik ke depan yang kemudian sepaham untuk mengubah wajah Cilegon. Namun saya tegaskan bahwa saya dengan mereka belum ada deal-deal secara khusus, tetapi baru melakukan penjajakan, menyamakan persepsi dengan terlebih dahulu saya mengajak mereka dalam koalisi perubahan yang dimotori oleh PAN, PPP, dan Demokrat," kata Ketua Dewan Pengarah Tim Pemenangan Iye-Awab, Alawi Mahmud, kepada wartawan di Cilegon, Banten, Kamis (6/8/2020).

Keenam parpol nonparlemen itu adalah PBB, Perindo, Hanura, PSI, PKPI, dan Partai Garuda. Alawi mengatakan keenam parpol sudah setengah sepaham meski belum sepakat untuk mendukung Iye-Awab di Pilwalkot Cilegon 2020.

Kendati begitu, semuanya sepakat bahwa wajah Cilegon mesti dipoles agar lebih baik melalui perhelatan pemilihan wali kota pada 9 Desember mendatang.

"Mereka sepakat melakukan paradigma baru di Cilegon sehingga sepaham dengan proses perubahan yang diusung oleh saya dan kawan-kawan. Prinsipnya, persepsi mereka dengan saya sama, mengubah wajah Cilegon dengan proses pilkada dengan bergabung bersama kelompok perubahan," ujarnya.

Pembuktian kesepakatan keenam parpol untuk mendukung Iye-Awab akan dibuktikan pada pekan depan saat deklarasi bersama partai pengusung dan relawan. Kesepakatan mereka juga menunggu suara akar rumput masing-masing parpol.

"Di internal mereka memandatori kepada ketua DPC masing-masing untuk melakukan komunikasi politik dengan lintas parpol," ujarnya.

Menjelang Pilwalkot Cilegon 2020, sudah ada empat bakal pasangan calon. Mereka terdiri atas tiga bakal pasangan calon dari jalur partai politik dan satu pasangan dari jalur independen.

Dari jalur parpol ada pasangan Ratu Ati Marliati-Sokhidin dengan partai pengusung Golkar, NasDem, Gerindra, dan PKB. Pasangan kedua, Iye Iman Rohiman-Awab, diusung Partai Demokrat, PAN, dan PPP.

Pasangan ketiga, yakni Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta, diusung Berkarya dan PKS. Sementara itu, dari jalur independen ada nama Ali Mujahidin-Firman Mutaqin, yang sudah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU.

Tonton video 'Pria Cilegon Tipu Puluhan Korban dengan Iming-iming Pekerjaan':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)