Kisah Nabi Adam Lengkap, Manusia Pertama yang Diciptakan Allah SWT

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 14:44 WIB
Woman hands praying for blessing from god on sunset background
Foto: iStock/Kisah Nabi Adam Lengkap, Manusia Pertama yang Diciptakan Allah SWT

Kisah Nabi Adam dan Mukjizatnya

Allah menciptakan Nabi Adam dengan tujuan hendak menjadikan ia sebagai khalifah pertama di bumi. Hal itu lah mukjizat yang diterima Nabi Adam dari Allah seperti disebutkan dalam Quran surat Al Baqarah ayat 30.

Kemudian, Allah juga akan menjadikan keturunan-keturunan Nabi Adam sebagai khalifah sesuai dalam Quran surat An Naml ayat 62 yang berbunyi

Arab: اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ

Latin: am may yujībul-muḍṭarra iżā da'āhu wa yaksyifus-sū`a wa yaj'alukum khulafā`al-arḍ, a ilāhum ma'allāh, qalīlam mā tażakkarụn

Artinya: Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat.

Kisah Nabi Adam di Bumi

Usai diusir dari surga Nabi Adam terpisah dengan Siti Hawa. Berdasarkan riwayat Hasan, "Adam diturunkan di wilayah India, sedangkan Hawa di Jedah. Iblis diturunkan di wilayah Dastimyan di Basrah. Sementara ular diturunkan di wilayah Isbahan.

Kemudian, Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari As Saddi, ia berkata Adam turun di India bersamanya turun pula Hajar Aswad. Beliau membawa segenggam daun surga di tangannya. Selanjutnya, Adam menyebarkan daun itu di India sehingga tumbuh lah pohon yang bagus di sana.

Sementara itu, Ibnu Umar meriwayatkan "Adam diturunkan di Shafa, sedangkan Hawa di Marwa." Mereka pun dipertemukan oleh Allah di Jabal Rahma dan bersatu kembali.

Semoga kisah Nabi Adam bisa menambah keimanan kita ya!

Halaman

(pay/erd)