Kadinkes: Angka Kesembuhan Corona di DKI Capai 63,4 %, Kematian 3,8 %

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 14:06 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan angka kesembuhan karena virus Corona di DKI mencapai 63,4 persen. Angka tersebut sedikit lebih tinggi di atas angka kesembuhan nasional yakni 63,2 persen.

"Tingkat kesembuhan untuk adalah 63,4 persen. Jadi satu sisi kasus kita banyak tapi kita sudah melaporkan tingkat kesembuhan di DKI 63,4 persen, angka kesembuhan Indonesia 63,2 persen," ujar Widyastuti dalam acara Webinar Manajamen The Importance of Healthcare Leadership in The New Normal, Kamis (6/8/2020).

Dalam acara itu, Widyastuti juga menyampaikan angka kematian atau case fatality rate di Jakarta sebesar 3,8 persen. Sementara itu, angka kematian nasional sebesar 4,7 persen.

"Kemudian kita juga catat kasus yang meninggal atau case fatality rate di DKI 3,8 persen, Indonesia 4,7 persen," ucapnya.

Lebih lanjut, Widyastuti mengatakan, standar WHO mengharuskan suatu wilayah melakukan tes Corona 10 ribu orang per minggu. Menurutnya, jumlah tersebut telah dilampaui oleh DKI Jakarta.

"WHO targetkan bahwa ada pemilihan indikator sebagai standard minimal yang harus dites dalam satu minggu. Seminggu kita harus periksa 10.645 orang per minggu, standar minimal. DKI Jakarta seminggu rentangnya 35 ribu sampai 40 ribu, artinya jumlah testing yang kita lakukan sesuai WHO sudah kita lampaui," katanya.

Sementara itu, angka positivity rate (PR) atau perbandingan total kasus dengan yang diperiksa di Jakarta saat ini sebesar 7,4 persen. Widyastuti mengatakan hal itu menjadi peringatan.

"Positivity rate mingguan mencapai 7,4 (persen) ini jadi warning kita semua," katanya.

(isa/isa)