Peras Anggota DPRD Lewat Medsos, 3 Polisi Gadungan di Sumut Ditangkap

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 10:57 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Medan -

Tiga pria ditangkap karena memeras anggota DPRD di Sumatera Utara (Sumut) sekitar Rp 75 juta. Para pelaku melancarkan aksinya dengan mengaku sebagai anggota kepolisian.

"Tim Subdit Siber Dit Reskrimsus Polda Sumut menangkap tiga orang kelompok jaringan penipuan, pemerasan, dan penyebaran konten yang mengandung pornografi melalui media sosial. Mereka adalah JN alias Abang, PB, dan RA. Nainggolan," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Nainggolan menjelaskan awalnya salah seorang anggota DPRD di Sumut melapor ke Dit Reskrimsus telah ditipu serta diperas melalui media sosial. Penipuan itu dilakukan dengan akun seorang anggota Polri berpangkat AKBP Eligius Fernatubun.

"Setelah menerima laporan itu, Tim Subdit Siber Dit Reskrimsus Polda Sumut bergerak cepat melakukan pemeriksaan terhadap akun media sosial tersebut," ujarnya.

Nainggolan menambahkan, dari hasil pemeriksaan oleh petugas, ternyata akun media sosial AKBP Eligius Fernatubun bodong atau tidak benar. Petugas pun melakukan penelusuran hingga menangkap ketiga tersangka.

"Setelah diketahui akun medsos itu bodong, petugas langsung menangkap tiga pelaku di daerah Baganbatu, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau," kata Nainggolan.

Nainggolan menyebutkan, dari hasil pemeriksaan, ketiga tersangka telah menerima uang hasil kejahatan melalui bukti transfer dari korban anggota DPRD tersebut. Selain itu, turut disita barang bukti berupa handphone Android yang dipergunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya.

"Ketiga tersangka telah ditahan di Dit Reskrimsus untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan terancam hukuman di atas 6 tahun penjara. Untuk korban, mengalami kerugian berkisar Rp 75 juta," ujar Nainggolan.

Tonton video 'Polisi Gadungan Rampas Uang dan Ponsel Wanita di Kendari':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)