Pria Surabaya Positif Corona Pindah-pindah Selama 3 Hari Kabur di Pontianak

Adi Saputro - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 10:45 WIB
IS penumpang asal Surabaya yang positif Corona ditemukan.
IS, penumpang asal Surabaya yang positif Corona, ditemukan. (Istimewa)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, dr Sidiq Handanu, mengatakan IS dalam kondisi baik. IS hanya mengalami kelelahan setelah tiga hari kabur karena menghindari isolasi. Selama masa pelarian, pasien ini selalu berpindah-pindah.

"Dapat informasi dari Puskesmas (Desa) Jawa Tengah bahwa penderita ini ditemukan di sana. Kami sepakat pasien ini diisolasi di Rusunawa. Kami serah terima di puskesmas Ambawang, sudah kami periksa kesehatannya kondisinya baik, barang kali hanya alami kelelahan dampak psikis atau kecapekan karena selama tiga hari ini kurang istirahat saja. Kondisinya baik, penderita juga bisa berjalan sendiri, mungkin secara fisik tidak ada masalah. Prinsipnya adalah isolasi karena kita yakinkan harus diisolasi agar penyakitnya tidak menular ke orang lain," jelas Sidiq.

Sementara itu, Kepala bagian Operasi Polresta Pontianak AKP Rizal meminta masyarakat mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Jika hasil pemeriksaan rapid dan swab positif, harus mengikuti anjuran pemerintah dan isolasi, baik mandiri maupun disiapkan pemerintah.

"Dari dinas kesehatan kota dan provinsi karena sudah beberapa hari pasien ini melarikan diri, dan saat ini telah ditemukan dan menjalani isolasi di Rusunawa. Kami tetap mengimbau kepada masyarakat tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan dan menaati jika hasil pemeriksaan positif COVID-19 mengikuti isolasi," tuturnya.


(idh/idh)