Hadi Pranoto, Laksma Suradi, dan Klaim pada Bio Nuswa

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 08:44 WIB
Hadi Pranoto
Hadi Pranoto (Tangkapan layar YouTube dunia MANJI)

PT Saraka tak kenal Hadi Pranoto

PT Saraka Mandiri Semesta selaku perusahaan yang memproduksi Bio Nuswa mengaku tak kenal dengan Hadi Pranoto, orang yang mengklaim sebagai kepala riset Bio Nuswa. Hadi Pranoto tidak memiliki jabatan struktural di perusahaan yang dikelolanya. Dia pun menegaskan Hadi melakukan klaim sepihak ke produk yang didaftarkannya ke BPOM.

"Jadi saya tegaskan bahwa yang namanya Pak Hadi Pranoto atau Anji yang memviralkan ada temuan obat herbal segala macam untuk bisa menyembuhkan COVID-19, kami nyatakan kami belum pernah ketemu, belum pernah ada tatap muka, belum ada berdiskusi," kata Direktur Utama PT Saraka Mandiri Semesta, Gucci Andrianno, saat ditemui di kantornya, di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (5/8).

PT Saraka Mandiri Semesta menyatakan Bio Nuswa adalah produk obat tradisional yang membantu memelihara daya tahan tubuh, bukan menyembuhkan pasien dari COVID-19.

Direktur Utama PT Saraka Mandiri Semesta, Gucci AndriannoDirektur Utama PT Saraka Mandiri Semesta, Gucci Andrianno (Sachril Agustin/detikcom)

PT Saraka Mandiri Semesta menyatakan tidak lagi memproduksi Bio Nuswa sejak 4 Agustus 2020. Tidak ada penjelasan lebih lanjut, kenapa PT Saraka Mandiri Semesta tidak lagi memproduksi Bio Nuswa di tanggal yang sama dengan mencuatnya kehebohan Hadi Pranoto.

"Sebagai pemenang Nomor lzin Edar, PT Saraka Mandiri Semesta tidak pernah memproduksi produk tersebut semenjak No Izin Edar tersebut di terbitkan BPOM pada tanggal 14 April 2020 sampai dengan hari ini 4 Agustus 2020," demikian bunyi klarifikasi PT Saraka Mandiri Semesta dari Dirut Gucci Andrianno, tertanggal 4 Agustus 2020.

Halaman

(dnu/fjp)