Ini 4 Klaim Hadi Pranoto soal Corona yang Dianggap Hoax Berbahaya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 17:58 WIB
Hadi Pranoto
Hadi Pranoto (Tangkapan Layar YouTube Dunia MANJI)
Jakarta -

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyebut klaim Hadi Pranoto soal 'obat COVID-19' di channel YouTube musisi Anji berbahaya. Berikut ini 4 klaim Hadi Pranoto soal COVID-19.

Sebagaimana diketahui, Hadi Pranoto adalah sosok dalam video di channel YouTube Anji diklaim sebagai profesor ahli mikrobiologi. Hadi mengklaim dirinya telah menemukan antibodi COVID-19 sebagai 'obat' yang bisa menyembuhkan dan mencegah COVID-19.

Menanggapi klaim tersebut, IDI menegaskan klaim Hadi Pranoto itu membahayakan. "Ya namanya pembohongan, kan penipuan masyarakat. Dan itu sangat berbahaya sekali. Kalau menyebar luas begitu gimana?" kata Wakil Ketua Umum PB IDI, dr Slamet Budiarto, saat dihubungi, Minggu (2/8/2020).

Ia pun meminta pihak kepolisian turun tangan. Namun polisi menunggu adanya aduan. Sedangkan Hadi mempersilakan IDI.

"Ya silakan saja, saya akan ikuti aturan hukum yang ada dan saya ingin menanyakan juga kepada IDI. Yang dirugikan dari saya itu apa?" ujar Hadi, Minggu (2/8).

Berikut ini sejumlah klaim-klaim Hadi Pranoto dalam video di Channel Youtube Anji yang disebut IDI berbahaya:

1. Klaim Obat COVID-19

Hadi mengklaim telah menemukan obat Corona. Dia menamai sendiri obat itu sebagai antibodi COVID-19.

"Antibodi COVID-19," ujar Hadi dalam video yang dilihat detikcom, Senin (3/8).

Hadi menyakini antibodi buatannya ini bisa menyembuhkan pasien COVID-19 dan mencegah virus Corona. "Obat untuk COVID-19. Bisa menyembuhkan dan bisa mencegah," imbuhnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini obat Corona belum ditemukan. Saat ini WHO masih mendorong penemuan vaksin Corona yang masih melalui proses uji klinis.

Tonton video 'IDI Minta Polisi Turun Tangan, Hadi Pranoto Siap Diperiksa':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3