Hadi Pranoto, Laksma Suradi, dan Klaim pada Bio Nuswa

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 08:44 WIB
Hadi Pranoto
Hadi Pranoto (Tangkapan layar YouTube dunia MANJI)

Racikan Hadi Pranoto dan Laksma Suradi sama?

Apakah Bio Nuswa dari Laksma Suradi dan Bio Nuswa Hadi Pranoto adalah barang yang sama? Hadi Pranoto mengaku dia dan Suradi saling mengenal karena memang satu tim. Bahkan Hadi Pranoto mengklaim dirinya sebagai kepala riset tim itu.

"Iya memang satu tim. Saya kepala risetnya, Pak Suradi salah satu timnya. Risetnya sudah lama, bukan cuma satu item saja," kata Hadi Pranoto kepada detikcom, Senin (3/8) kemarin.

detikcom telah berupaya mengajukan pertanyaan ke Laksma Suradi, apakah Bio Nuswa karyanya sama dengan racikan Hadi Pranoto atau tidak. Laksma Suradi tidak langsung menjawab, melainkan mengarahkan detikcom untuk meminta izin dulu ke TNI AL.

Sebelumnya, yakni pada April lalu, pihak TNI AL menyatakan bahwa keterangan Laksma Suradi soal Bio Nuswa tidak ada sangkut pautnya dengan TNI AL. "Dalam hal ini bahwa berita tersebut tidak dirilis resmi oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), melainkan murni atas nama pribadi," jelas Kadispenal Laksma Mohamad Zaenal dalam keterangan resminya, Rabu (29/4).

Bisa ditarik kesimpulan, Bio Nuswa yang diklaim Hadi Pranoto adalah barang yang sama dengan Bio Nuswa yang diklaim Laksma Suradi.

Dr Suradi AS, S.Sos, S.T, MMDr Suradi AS, SSos, ST (Istimewa)

Biduan dangdut Via Vallen sempat salah mengidentifikasi antara ramuan Hadi Pranoto dan ramuan Laksma Suradi. Via Vallen sempat mengaku keluarganya mendapat manfaat dari ramuan herbal Hadi Pranoto. Menurut Via Vallen, ramuan itu menyembuhkan adiknya yang semula terinfeksi virus Corona. Belakangan, Via Vallen meralat ucapannya. Dia mengaku salah sebut. Yang dia maksud bukanlah ramuan Hadi Pranoto, melainkan ramuan Laksma Suradi.

"Mohon maaf temen2 semuanya,ramuan yg sy gunakan utk menyembuhkan adek sy adalah ramuan dari DOKTOR SURADI bukan dari Prof.Hadi seperti yg ada di postingan ini.Saya kira Prof.HADI yg ada di postingan ini adlh DOKTOR SURADI ,tp ternyata beda .Sekali lg mohon maaf atas kelalaian dan kesalahan komentar saya buat temen2 semua," tulis Via Vallen dengan tangan terkatup, di kolom komentar Instagram Anji.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4