Fakta Baru Geger Perempuan Bakar Bendera Merah Putih Berujung Tersangka

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 07:48 WIB
Bendera Merah Putih
Ilustrasi bendera merah putih (Foto: Shutterstock)
Lampung -

Perempuan berinisial MA (33) di Lampung yang diduga membakar bendera Merah Putih kini berstatus tersangka. Perbedaan pekerjaan MA menjadi sorotan polisi.

Polres Lampung Utara juga meningkatkan status kasus pembakaran bendera Merah Putih yang dilakukan MA ke tahap penyidikan.

"MA sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sebab beberapa beberapa unsur sudah terpenuhi mulai dari alat bukti, hingga keterangan beberapa saksi," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, pada Rabu (5/8/2020).

Meski berstatus tersangka, MA belum mendekam di tahanan karena sejumlah keterangannya masih berubah-ubah.

Menurut Pandra, MA sedang dibantarkan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung guna observasi kejiwaan oleh tim psikiater.

"(Jika nanti hasil pemeriksaan MA terbukti gangguan jiwa) prosesnya lanjut untuk SP3. Kalau nanti dia tidak terbukti sakit jiwa prosesnya lanjut sampai P21. Sampai berkas perkara diajukan ke pengadilan. Tapi kalau terbukti sakit. Tapi kalau nanti terbukti sakit makan SP3, ada mekanismenya," ujarnya.

Dalam kasus ini, MA disangkakan melanggar Pasal 66 juncto Pasal 24 Huruf A UU no 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan yang berbunyi setiap orang dilarang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau dengan denda paling banyak Rp 500 juta.

Dalam kesempatan itu, Pandra mengungkapkan polisi akan menyelidiki perbedaan soal informasi pekerjaan MA. Pekerjaan MA tercatat sebagai PNS di surat izin mengemudi (SIM). Sementara di kartu tanda penduduk (KTP), tertulis TNI.

"Ini penyelidikan lain lagi. Kita satu-satu dulu. Sekarang kan kita meriksa yang ini (bendera). Nanti beda lagi berkas perkaranya yang itu. Soal itu nanti ada lagi, ibaratnya ada (dugaan) pemalsuan dalam memberikan identitas, itu nanti lain lagi," kata dia.

Tonton video 'Luthfi Pembawa Bendera Merah Putih Dihukum Karena Anarkistis':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2