Pengumuman Hasil SIMAK UI Kelas Internasional Diundur Jadi 7 Agustus

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 16:05 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Hasil SIMAK UI Kelas Internasional Diumumkan 7 Agustus ( Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Pengumuman hasil Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI kelas internasional yang awalnya akan diumumkan hari ini, Rabu 5 Agustus 2020 diundur. Dikutip dari akun Twitter resmi Universitas Indonesia hasil pengumuman hasil SIMAK UI 2020 kelas Internasional akan dilakukan pada Jumat 7 Agustus 2020 pukul 13:00 WIB.

"Halo adik-adik calon mahasiswa UI, Hasil Seleksi SIMAK UI Kelas Internasional akan diumumkan hari Jumat 7 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB. Pengumuman dapat dilihat di laman http://penerimaan.ui.ac.id dengan cara log in pada akun pendaftaran masing-masing peserta," demikian pengumuman UI melalui akun Twitternya @univ_indonesia.

Peserta SIMAK UI kelas internasional telah menjalani ujian pada 19 Juli 2020 lalu. Dikutip dari www.ui.ac.id, ada tujuh fakultas di Universitas Indonesia yang membuka kelas Internasional, yakni: Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik,Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum.

Ketujuh fakultas itu menyelenggarakan kelas internasional bekerjasama dengan sejumlah universitas terkemuka di Australia dan Eropa. Ada dua kategori kelas internasional di Fakultas Teknik, yakni Double Degree Program dan Single Degree Program.

Double Degree Program di Fakultas Teknik dirancang untuk masa studi 3,5 sampai 4 tahun. Rinciannya, 2 tahun di Fakultas Teknik UI dan 2 tahun di universitas mitra. Bisa juga 2 tahun di FT UI dan 1,5 tahun di universitas mitra, salah satunya di Curtin University untuk jurusan Arsitektur.

Lama studi maksimal untuk Double Degree Program adalah 12 semester atau 6 tahun. Nantinya lulusan dari program ini akan mendapatkan dua gelar, yakni dari UI dan universitas mitra.

Sementara Single Degree Program, teknisnya mahasiswa menjalani perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun di UI dan satu semester kuliah di salah satu universitas mitra di luar negeri. Durasi maksimal untuk program ini selama 12 semester atau 6 tahun. Setelah lulus nantinya mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Universitas Indonesia.

SIMAK UI kelas internasional ujiannya mencakup seleksi akademik dan Bahasa Inggris. Kelebihan dari kelas Internasional ini selain akan mendapat gelar ganda dari UI dan perguruan tinggi, mahasiswa juga berkesempatan belajar di luar negeri dan mendapat pengakuan internasional.

Selain seleksi kelas Internasional, SIMAK UI juga digelar untuk program Vokasi, S1 Paralel, S1 Reguler, S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3, Profesi, spesialis, S2 dan S3.


Ujian SIMAK UI untuk program Vokasi, S1 Paralel, S1 Reguler digelar hari ini 5 Agustus 2020. Hasilnya akan diumumkan pada 22 Agustus 2020.

SIMAK UI untuk kelas Ekstensi/Paralel lulusan D3 diumumkan 5 Agustus 2020. Adapun hasil SIMAK UI untuk Profesi, spesialis, S2 dan S3 diumumkan pada 15 Agustus 2020.

Tonton juga video 'Mahasiswa Adukan Mendikbud Nadiem ke Komnas HAM':

[Gambas:Video 20detik]



(erd/pal)