Simak UI: Pendaftaran hingga Pengumumannya

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 30 Des 2019 11:51 WIB
Simak UI: Pendaftaran hingga Pengumumannya/Foto: Kampus UI Depok (dok UI)
Jakarta - Ada berbagai cara untuk kuliah di Universitas Indonesia (UI), salah satunya Seleksi Masuk UI (Simak UI). Seleksi ujian ini dibuka untuk program vokasi (D3), sarjana reguler, sarjana kelas paralel, profesi, magister dan doktor.

Simak UI dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Lantas, bagaimana cara pendaftaran Simak UI dan di mana pengumumannya? Yuk simak.



1. Pendaftaran

Sebelum mengikuti ujian Simak UI, calon peserta harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran di portal UI https://penerimaan.ui.ac.id/register. Setelah mengisi data dengan lengkap, pengguna diminta mengunggah foto berukuran 4 x 6 cm.

Kemudian, calon pengguna bisa langsung login menggunakan username dan password yang telah diatur. Tahap pendaftaran Simak UI selanjutnya, calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran dan program studi dan lakukan verifikasi.

Selain itu, calon peserta program S2, S3, profesi, spesialis, S1 ekstensi dan S1 kelas Internasional diminta mengunggah berkas persyaratan pendaftaran. Tahap terakhir, calon peserta bisa melakukan pembayaran pendaftaran dan mencetak kartu ujian masuk SIMAK UI.

2. Pengumuman

Hasil ujian Simak UI akan diumumkan di portal IU resmi, yakni di https://penerimaan.ui.ac.id/. Peserta hanya perlu memasukkan nomor ujian di kolom yang disediakan dan memilih jalur yang diambil.

Kemudian klik 'Lihat' maka layar akan menunjukkan hasil pengumuman Simak UI.



3. Jadwal SIMAK UI 2020

Pendaftaran Simak UI juga diatur waktunya. Adapun, jadwal pendaftaran Simak UI untuk program D3, S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Ekstensi atau Paralel Lulusan D3 dibuka mulai 2 Juni - 1 Juli 2020.

Untuk ujiannya dilaksanakan 12 Juli 2020. Sementara pengumumannya dilakukan pada akhir Juli 2020.

Selamat mencoba Simak UI ya! (pay/erd)