Jalan di Desa Sontang Riau Ini Rusak, Hanya Truk Besar yang Bisa Lewat

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 14:19 WIB
Kondisi Jalan Rusak di Desa Sontang, Riau
Foto: Kondisi Jalan Rusak di Desa Sontang, Riau (Dok Istimewa)
Pekanbaru -

Musim penghujan membuat kondisi jalan di Desa Sontang, Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau hancur. Jalan milik Pemprov Riau ini hancur bak kubangan kerbau.

Akses jalan Provinsi Riau ini menghubungkan Kabupaten Rohul ke Kabupaten Bengkalis. Jalan tersebut sudah lebih setahun belum juga dilakukan pengaspalan. Akibatnya, di saat musim penghujan ini kondisinya lumpurnya mencapai kedalaman satu meter.

"Sudah setahun ini kondisi jalan desa kami rusak parah terutama saat musim penghujan ini. Dalam seminggu ini hujan terus mengguyur, jalan di sini kian parah rusaknya," kata warga setempat, Anton, kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Kondisi Jalan Rusak di Desa Sontang, RiauFoto: Kondisi Jalan Rusak di Desa Sontang, Riau (Dok Istimewa)

Anton menjelaskan, jalan rusak yang tak beraspal ini panjangnya sekitar 1 km. Jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan truk jenis besar. Kendaraan umum lainnya jenis minibus tidak bisa melintas di lokasi tersebut.

"Hanya truk-truk besar saja yang bisa lewat, itu pun kadang terjebak lumpur. Kendaraan roda empat yang kecil, tidak ada yang berani melintas di sini," kata Anton.

Untuk kendaraan roda dua, kata Anton, juga tidak ada yang bisa melintas. Warga yang melintas dengan roda dua, terpaksa menggunakan jasa kapal pompong dengan membayar Rp 50 ribu.

"Warga harus menggunakan kapal pompong bersama kendaraan roda duanya. Sekali bawa kendaraan dan pemilik motor bayar Rp 50 ribu. Ini jelas memberatkan warga," kata Anton.

Warga setempat berharap, Pemprov Riau selaku pihak yang bertanggungjawab atas jalan tersebut. Warga berharap Pemprov Riau segera memperbaikinya.

"Belum ada perbaikan sama sekali. Dibiarkan saja kondisi jalan kami seperti pematang sawah," tutup Anton.

(cha/zap)