25 Ekor Penyu Dilepasliarkan Polda Bali ke Pantai Kuta

Angga Riza - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 09:53 WIB
Penyu yang Dilepasliarkan di Pantai Kuta
Foto: Penyu yang Dilepasliarkan di Pantai Kuta (Dok Istimewa)
Badung -

Sebanyak 25 ekor penyu hijau yang diamankan Ditpolairud Polda Bali dilepasliarkan. Penyu dilepas di Pantai, Kuta, Badung, Bali.

"Ya untuk kegiatan pada pagi hari ini, kami Ditpolair Polda Bali bersama intansi terkait dari Lanal kemudian dari BKSDA dan dari masa pecinta binatang penyu dan dari BSIC Sarangan melaksanakan pelepas liarkan penyu yang kami amankan, yang kami tangkap, pada saat dua minggu yang lalu," kata Direktur Ditpolair Polda Bali, Kombes Toni Ariadi, kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Dalam penangkapan penyu yang diamankan sebanyak 36 ekor. Namun tidak semuanya dilepasliarkan, 11 ekor penyu masih diamankan dan akan digunakan sebagai barang bukti.

"Untuk jumlah yang kami lepas liarkan 25 penyu yang kami tangkap, pada saat itu 36 penyu, 11 menjadi barang bukti nanti akan setelah jadi barang bukti akan dilepas liarkan kembali," ungkap Toni.

"Barangbukti dititipkan di BSIC tempat konsekonsusiumnya penyu mitra pembinaan dari BKSDA," kata Toni.

Sementara itu, Toni membeberkan pelaku yang akan menyelundupkan penyu akan di proses hukum. Pelaku penyelundupan akan segera disidang.

"Untuk proses hukumnya sudah kita proses, dan ini tersangkanya juga ada 8 masih kita tahan, nanti kita serahkan ke penuntut umum diproses di pengadilan," kata Toni.

Sebelumnya, polisi menggerebek warung yang diduga telah menjual daging penyu hijau di warung kawasan Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Pemilik warung IWK ditangkap.

Penggerebekan itu terjadi pada Juni 2020 lalu. Polisi menerangkan warung tersebut dicek pertama kali pada 24 Juni. Hasilnya didapatkan menjual olahan makanan berupa lawar dan sate yang memakai bahan dasar daging penyu hijau.

Berdasarkan hasil penyelidikan di lapangan bahwa didapatkan informasi di Warung Kayu Manis, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, sering terjadi transaksi jual-beli daging penyu hijau dalam jumlah yang besar," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/6).

(zap/zap)