Round-Up

Kala Hakim Amini Jaksa Vonis 20 Tahun Penjara untuk Pembunuh Terimakasih Laia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 07:28 WIB
Tolonashoki Halawa, pelaku pembunuhan siswi SMA Terimakasih Laia
Foto: Pembunuh Terimakasih Laia (ISTIMEWA)
Jakarta -

Kasus pembunuhan sadis siswi SMA di Nias Selatan bernama Terimakasih Laia, sudah ketuk palu. Vonis hakim tak berubah. Tuntutan 20 tahun penjara diamini hakim.

Kasus pembunuhan ini terungkap akhir 2019 lalu. Terimakasih Laia ditemukan dalam keadaan tewas tidak jauh dari rumahnya di Dusun Khou-Khou, Desa Hiliwaebu, Kecamatan Susua, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Jumat (29/11/2019).

Ada luka sejumlah luka di tubuh korban. Luka tusukan dan sayatan terlihat di bagian wajah, dada, dan kedua tangan. Tulang leher Terimakasih Laia patah, yang diduga bekas gorokan.

Hasil olah TKP barang bukti berupa potongan baju korban ditemukan. Desember 2019, pelaku Tolonashoki ditangkap.

Kasubbag Humas Polres Nias Selatan Brigadir Dian Octo P Tobing menuturkan, ketika itu pelaku beraksi dengan membuntuti korban saat pulang ke rumah. Kala itu, pelaku sudah berniat untuk memperkosa korban.

Korban ditarik ke semak-semak untuk diperkosa. Korban pun memberikan perlawanan.

"Menendang perut pelaku dan langsung berteriak minta pertolongan," ujar Dian, Selasa (10/12/2019).

Karena teriakan korban, pelaku mengeluarkan pisau dari kantong celana dan langsung menikam Laia. Pelaku berkali-kali menikam ke tubuh korban.

Singkat cerita, Maret 2020, polisi menyelesaikan proses penyidikan terhadap tersangka. Tersangka dan barang bukti diserahkan ke Kejaksaan.

"Semalam (4/3) dilakukan pengiriman tersangka dan barang bukti terhadap tersangka Tolonashoki Halawa ke Kejaksaan Negeri Nias Selatan," ujar Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti, Kamis (5/3/2020).

Pengiriman tersangka dan barang bukti dilakukan berdasarkan surat nomor: B/243/RES.1.7/III/2020/RESKRIM, tanggal 4 Maret 2020. Tersangka diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap korban.

Selanjutnya
Halaman
1 2