Istana Jelaskan Alasan Jokowi Tak Pakai Masker Saat Rapat Terbatas

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 15:09 WIB
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas.
Presiden Jokowi saat menggelar ratas. (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menggelar rapat terbatas penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, kemarin, terlihat tidak menggunakan masker. Pihak Istana angkat bicara.

Dalam foto dari Sekretariat Presiden, rapat digelar di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi dan sejumlah menteri yang hadir terlihat tidak memakai masker. Adapun pejabat yang terlihat menggunakan masker adalah Wapres Ma'ruf Amin, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi tetap memakai masker saat tidak berbicara dalam rapat.

"Kadang kalau pakai masker kurang jelas bicaranya. Namun di meja bapak presiden sudah ada pembatas kaca akrilik," kata Heru, Selasa (4/8/2020).

Meja oval di Istana Merdeka juga sudah dipasangi sekat untuk mencegah penyebaran droplet. Pemasangan sekat dalam rangka memperketat protokol kesehatan di lingkungan Istana Kepresidenan.

"Di meja oval yang akan menerima tamu-tamu yang diundang oleh bapak presiden, kami siapkan pembatas. Pembatas itu artinya kaca akrilik sehingga bapak presiden walaupun berhadapan tetap ada batas," ujar Heru.

Tonton video 'Melihat Pengetatan Protokol Kesehatan di Istana Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/fjp)