Round-Up

Rapat Terbatas Tatap Muka di Istana Kini Disekat Batas

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 04:55 WIB
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas.
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Kompleks Istana Kepresidenan memperketat protokol kesehatan mereka. Kini rapat terbatas tatap muka disekat batas.

Pengetatan protokol kesehatan ini tak lepas dari upaya Istana mencegah penularan Corona. Yang paling tampak mencolok dari pengetatan protokol kesehatan di Istana ini ialah sebuah meja.

Meja yang dimaksud adalah oval di Istana Merdeka tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima tamu. Meja oval di Istana Merdeka saat ini diberi sekat.

Meja tersebut juga kerap dipakai untuk rapat terbatas secara tatap muka. Selain diberi pembatas kaca akrilik, antar-kursi dipisah dengan jarak 2-2,5 meter.

"Di meja oval yang akan menerima tamu-tamu yang diundang oleh Bapak Presiden, kami siapkan pembatas. Pembatas itu artinya kaca akrilik sehingga Bapak Presiden walaupun berhadapan tetap ada batas," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (3/8/2020).

Heru mengatakan semua pihak yang ingin bertemu Jokowi wajib uji seka atau swab test. Selain itu, meskipun sudah melakukan swab test, pada hari H mereka akan kembali diminta menjalani rapid test.

"Walaupun sudah dilakukan swab, pada hari H kami akan lakukan rapid test," kata Heru.

Di samping itu, Heru menjelaskan bahwa ruangan-ruangan di lingkungan Istana secara rutin dibuka jendelanya sehingga sirkulasi udara lancar dan tetap segar.

"Selain itu, tetap menggunakan masker, tetap cuci tangan, dan tetap masuk ke tabung disinfektan sehingga semuanya terjamin protokol kesehatan di Istana," ujar Heru.

Tonton video 'Melihat Pengetatan Protokol Kesehatan di Istana Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)