Djoko Tjandra Diperiksa Jadi Saksi Brigjen Prasetijo di Kasus Surat Jalan

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 19:29 WIB
Bareskrim Polri secara resmi menyerahkan terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra kepada Kejaksaan Agung di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (31/7/2020) malam. Ia pun kini resmi menjadi penghuni Rutan Salemba.
Foto: Djoko Tjandra di Bareskrim Polri (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Penyidik Bareskrim Polri mulai memeriksa Joko Soegiarto Tjandra (JST) alias Djoko Tjandra terkait kasus surat jalan. Terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali itu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Karo Korwas PPNS Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

"Pada 31 Juli 2020, JST sudah diperiksa sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus surat palsu yang melibatkan BJP PU (Brigjen Prasetijo)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, dalam konferensi pers daring, Senin (3/8/2020).

Awi menjelaskan alasan Djoko Tjandra ditempatkan di Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri pasca-ditangkap dan diserahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung), yaitu untuk mempermudah penyidikan kasus surat jalan. Awi juga menyinggung kemungkinan pengembangan kasus baru lewat penelusuran aliran dana dari Djoko Tjandra.

"Terkait kasus surat jalan palsu dan kemungkinan ada kasus-kasus lainnya. Termasuk adanya aliran dana dalam kasus JST tersebut," tutur Awi.

Sebagaimana diketahui saat ini Djoko Tjandra menghuni sel nomor 1 Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Djoko Tjandra pada Kamis (30/7), ditangkap tim khusus Bareskrim Polri di Malaysia, dengan bantuan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Djoko Tjandra diamankan di unit 20-A, apartemen mewah The Avare Condominium, Kuala Lumpur. Usai ditangkap, Djoko Tjandra langsung dibawa ke Indonesia dengan pesawat dan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma jelang tengah malam.

Dalam pusaran Djoko Tjandra, pengacaranya yang mengurus peninjauan kembali (PK) perkara cessie Bank Bali, Anita Kolopaking juga ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri.

Tonton video 'Yasonna Tegaskan Paspor Djoko Tjandra Tak Ada Masalah':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/jbr)