Bareskrim Belum Terima Surat Kuasa Otto Hasibuan Pengacara Djoko Tjandra

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 18:36 WIB
Otto Hasibuan resmi jadi pengacara Djoko Tjandra
Foto: Pengacara Otto Hasibuan di Bareskrim Polri (Kadek-detikcom)
Jakarta -

Polri mengatakan penyidik Bareskrim hingga kini belum mendapat surat kuasa Otto Hasibuan sebagai pengacara Joko Soegiarto Tjandra (JST) alias Djoko Tjandra. Padahal, kata Polri, Djoko Tjandra sendiri sudah menyampaikan ke penyidik soal penunjukan itu.

"Menurut JST bahwa yang bersangkutan sudah menunjuk Otto Hasibuan sebagai kuasa hukum dalam perkara di Bareskrim. Namun demikian sampai saat ini belum melihat surat kuasanya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, dalam konferensi pers daring, Senin (3/8/2020).

Awi menjelaskan Djoko Tjandra menyampaikan penunjukan Otto saat diperiksa oleh penyidik pada Jumat, 31 Juli kemarin. Saat itu Djoko sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk kasus surat jalan palsu atas namanya yang dibuat mantan Karo Korwas PPNS Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

"Pada 31 Juli 2020, JST sudah diperiksa sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus surat palsu yang melibatkan BJP PU," ujar Awi.

Sebelumnya, pada Sabtu (1/8), Otto Hasibuan mengaku menerima permintaan keluarga terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, untuk menjadi pengacara. Otto mengatakan dirinya saat itu telah resmi menjadi pengacara Djoko Tjandra.

"Jadi mulai hari ini, saya resmi menjadi kuasa hukum dari pada Djoko Tjandra termasuk juga dengan keluarganya," ujar Otto di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Sabtu malam.

Otto mengaku dirinya telah bertemu dan berbicara dengan Djoko Tjandra. Keputusan menjadi pengacara disebut diterima setelah melakukan pembicaraan terkait kasus yang menjerat Djoko Tjandra.

Hari ini Otto merilis pernyataan yang berisi klaim penahanan kliennya di Rutan Salemba tidak sah. Karena itu, Otto meminta agar Djoko Tjandra dibebaskan.

Tonton video 'Yasonna Tegaskan Paspor Djoko Tjandra Tak Ada Masalah':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/jbr)