Pengacara Ahok: EJ Ketua Veronica Lovers Pemilik Akun @an7a_s679

Luqman Nurhadi A - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 18:25 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Foto: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pengacara Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, Ahmad Ramzy mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengecek pemeriksaan EJ. Ramzy menyebut EJ, yang merupakan ketua komunitas penggemar mantan istri Ahok, Veronica Tan, mengakui sebagai pemilik akun @an7a_s679.

"Semua posting (akun) an7a adalah milik EJ. Jadi, semua diakui milik EJ," kata Ramzy di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/8/2020).

EJ diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik Ahok dan istrinya, Puput Nastiti Devi. Ramzy mengaku mendatangi Polda Metro Jaya untuk memastikan EJ memenuhi panggilan pemeriksaan.

"Hari ini mengecek bagaimana hasil pemeriksaannya, benar atau tidak datangnya, kapan pemeriksaannya selesai, seperti itu," ujar Ramzy.

Diketahui, EJ merupakan ketua sekaligus admin grup di WhatsApp dan Telegram yang berisi perempuan-perempuan pengagum Veronica Tan. Diduga, grup tersebut kerap digunakan sebagai media untuk menghina Ahok dan istrinya Puput.

Dalam kasus dugaan pencemaran nama baik Ahok dan Puput, ada dua pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Selain EJ, satu tersangka lainnya yakni KS, pemilik akun Instagram @ito.kurnia yang pernah menyandingkan foto Puput dengan binatang.

KS dan EJ dijerat dengan UU ITE dan terancam 4 tahun penjara. EJ dan KS tidak ditahan, tapi dikenai wajib lapor.

(zak/zak)