ADVERTISEMENT

Polisi Ungkap 131 Kg Sabu dalam Truk Batu Bata di Jaksel, 2 Kurir Ditangkap

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 16:00 WIB
Konferensi Pers Kapolda Metro Jaya soal pengungkapan kasus sabu di Jaksel
Konferensi Pers Kapolda Metro Jaya soal pengungkapan kasus sabu di Jaksel (Foto: Humas Polres Jaksel)
Jakarta -

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menggagalkan peredaran ratusan kilogram narkoba jenis sabu. Barang haram tersebut diselundupkan menggunakan kendaraan satu truk berisi batu bata.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan pengungkapan kasus tersebut terjadi pada Kamis (30/7) pukul 01.00 WIB di daerah Cikunir, Jakarta Selatan. Atas laporan dari masyarakat dan penyelidikan selama 3 bulan terakhir, Nana mengatakan pihaknya mendapatkan informasi akan ada pengiriman paket sabu di lokasi tersebut.

"Kita mengamankan barang buktinya sabu 131 kilogram, satu truk fuso warna kuning dan 2 unit handphone. Untuk modus operandi sebenarnya ini untuk pengiriman menggunakan truk sebagai kamuflase. Seolah-olah truk ini mengangkut batu bata dan di dalamnya itu ada sabu," ungkap Nana di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (3/8/2020).

Nana mengatakan ada dua tersangka inisial AP alias Beduk dan HG alias Bonges yang ditangkap terkait kasus tersebut. Ratusan kilogram sabu yang hendak diedarkan itu berasal dari jaringan Sumatera hingga Jawa.

Dia menjelaskan saat diamankan, barang bukti ratusan kilogram sabu tersebut dimasukkan ke dalam 6 tas oleh kedua tersangka dan kemudian keenam tas tersebut diletakkan di tumpukan batu bata yang berada di muatan truk fuso tersebut.

"Jadi ini adalah pengiriman sabu dari jaringan Sumatera-Jawa melalui Jakarta. Ini memang teknik yang digunakan memakai teknik cover. 2 tersangka tadi berikut 131 kilogram sabu ini disimpan dalam 6 tas yang berisi plastik kemasan silver yang disimpan di tumpukan batu bata," jelas Nana.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT