Sekolah di Cilegon Bakal Berlakukan KBM Tatap Muka Mulai Besok

M Iqbal - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 14:57 WIB
Disdik Kota Cilegon Ismatullah
Disdik Kota Cilegon Ismatullah (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cilegon bakal memberlakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka mulai besok Selasa 4 Agustus 2020. Puluhan pengawas dan penilik diterjunkan untuk memantau kesiapan sekolah melangsungkan tatap muka di tengah pandemi Corona.

Pemerintah kota bakal memantau kesiapan terkait sarana dan prasarana protokol kesehatan COVID-19 di setiap sekolah. Sekolah yang sudah siap belajar tatap muka bakal diterapkan besok.

"Hari ini kita menerjunkan satgas yang terdiri dari pengwas dan penilik. Pengawas jumlahnya 43 orang penilik 24 orang saya suruh terjun ke lapangan memantau kesiapan fasilitas sekolah terutama yang berkaitan dengan prtokol COVID-19," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah kepada wartawan, Senin (3/8/2020).

Kendati begitu, jika ada sekolah atau orang tua murid yang belum siap melakukan belajar tatap muka di sekolah, kata Ismatullah, pemerintah akan fleksibel dan tetap memberlakukan belajar mengajar via daring.

"Jadi nanti laporannya seberapa jauh kesiapan sekolah, jika nanti ada sekolah yang tidak siap atau orang tua murid tidak berkenan maka tetap sekolahnya akan lewat daring, kita akan fleksibel aja," ujarnya.

Ismatullah mengaku pemerintah tidak memaksakan kehendak terkait belajar tatap muka di sekolah. Masih ada sistem pembalajaran daring yang bisa digunakan agar kegiatan belajar mengajar di Cilegon tetap berjalan.

"Jadi prinsipnya daring ini kan menjadi sebuah metode yang akan diterapkan di Dindik untuk pembelajaran untuk menghadapi siswa sakit, siswa izin, belajar daring akan tetap diberlakukan guru juga yang berhalangan bertugas bisa ngirim via daring," kata dia.

Untuk diketahui, kasus positif virus Corona di Cilegon per Minggu (2/8) mencapai 44 kasus. 41 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang masih dalam perawatan. Sementara 1 pasien positif meninggal dunia.

Tonton video 'Kisah Babinsa di Polman, Bantu Siswa Belajar di Masa Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(bal/maa)