Sambut KBM Tatap Muka, Guru di Sumedang Akan Jalani Tes Swab

Mumahad Rizal - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 12:30 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Sumedang -

Pemerintah Kabupaten Sumedang akan melakukan tes swab kepada para guru yang sekolahnya masuk dalam kecamatan zona hijau. Tes swab dilakukan sebagai persiapan untuk menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan tes swab untuk guru memang suda direncanakan. Selama ini, pihaknya juga sudah sering menggelar tes swan secara masal di beberapa titik di Kabupaten Sumedang.

"Termasuk itu (swab test untuk guru) yah, karena kita juga swab test sudah sangat masif dilakukan, seperti di mall, pasar dan tempat-tempat lainnya," kata Dony saat di temui di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Kamis (30/7/2020).

Menurut Dony, swab test masal tersebut memang harus dilakukan termasuk untuk guru-guru yang akan mengajar di sekolah. Terutama sekolahnya yang masuk dalam kecamatan zona hijau.

"Karena hasil swab test itu bisa mendeteksi secara dini dan juga bisa mengetahui dengan jelas mana warga yang positif. Misalnya di pusat perbelanjaan yang diswab test ada 126 orang, hasilnya ada satu orang yang positif (COVID-19)," ucap Dony.

Menurutnya, jika swab test masal itu tidak dilakukan, penyebaran COVID-19 menjadi tidak terkendali. "Karena orang positif bisa langsung diketahui dan (penyebarannya) bisa dikendalikan. Itulah kepentingan kita melakukan swab test secara masal," katanya.

Dony menambahkan swab test ini memang sangat penting dilakukan. Karena menurutnya bisa efektif untuk melakukan deteksi sejak dini.

"Setelah swab test masal di tempat keramaian, nanti kami akan melangkah ke pesantren. Kemudian jika sekolah dibuka, kami pun akan ambil sampel ke sekolah-sekolah," ujarnya.

(mso/mso)