Heboh Warga Tapteng Ngaku Rumahnya Ditimpa Meteor, LAPAN Belum Identifikasi

Abdi Somat Hutabarat - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 14:57 WIB
Seorang warga di Dusun Sitambarat, Kolang, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, membuat heboh karena menyebut rumahnya ditiban meteor. Buktinya adalah atap rumah bolong dan sebongkah batu.
Batu yang menimpa rumah. (Abdi Somat Hutabarat/detikcom)
Tapanuli Tengah -

Seorang warga di Dusun Sitambarat, Kolang, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, membuat heboh karena menyebut rumahnya ditimpa meteor. Buktinya adalah atap rumah bolong dan sebongkah batu.

Pria itu bernama Josua Hutagalung. Dia menyatakan rumahnya ditimpa meteor pada Sabtu (1/8/2020) lalu, pukul 16.30 WIB.

"Iya benar, kejadiannya ada meteor Jatuh," kata Josua kepada wartawan, Senin (3/8).

Pemilik usaha peti mati ini mengungkapkan awalnya ia mendengar suara riuh di langit saat ia berada di belakang rumahnya. Tidak berselang lama, dentuman keras pun terdengar tepat di samping rumahnya. Saat dicek, atap rumahnya antara ruang tengah dan dapur sudah bolong.

Setelah dicek, dia mendapati tanah di rumahnya sudah berlubang sedalam lebih-kurang 15 sentimeter atau seukuran sejengkal orang dewasa. Tanah sekitar lubang itu, menurutnya, juga tampak mengering.

Masih berdasarkan keterangan Josua, batu tersebut terasa panas hingga pukul 21.00 WIB. Saat ini batu itu disimpannya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Jasyanto, mengatakan belum bisa menyebut batu itu meteor. Dia mengatakan tak bisa mengidentifikasi batu tersebut lewat foto.

"Kami belum bisa identifikasi karena belum lihat langsung," kata Jasyanto seraya meminta mengecek ke situs lapan.go.id soal informasi ada-tidaknya benda langit jatuh di wilayah Indonesia.

(tor/tor)