Jual HP Curian, Waria di Makassar Ditangkap Polisi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 09:27 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Foto ilustrasi tangan terborgol. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Makassar -

Seorang wanita-pria (waria) bernama Rahman alias Inces (22) ditangkap polisi usai membeli lalu menjual HP curian dari kawanan pencuri, Zechan (27) dan Imran Jafar (26). HP yang dijual Inces dari kawanan pencuri itu milik anggota TNI.

"Korbannya anggota TNI," ucap Kapolsek Ujung Pandang AKP Bagas Sancoyoning kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Ketiga pelaku ditangkap di tiga lokasi di Makassar pada Sabtu (1/8) dan kini ditahan di Polsek Ujung Pandang. Para pelaku mengakui perbuatannya telah mencuri HP milik anggota TNI.

Awalnya, pelaku Imran Jafar dan Zechan serta seorang pelaku lainnya yang masih buron bertemu di parkiran Hotel Vindika, Makassar, pada Sabtu, 25 Juli 2020. Para pelaku lantas melihat handphone di laci atau dashboard motor korban.

"Karena dia lihat handphone di laci motor dan tidak ada orangnya, para pelaku ini dia ambil handphone itu," terang Bagas.

Selanjutnya, para pelaku menjual ponsel itu kepada Inces sehingga Inces disebut telah berperan sebagai penadah.

"Inces ini kalau keterangan awal Inces dia beli itu barang dari temannya (salah satu pelaku) lalu dia jual kembali ke Makassar Dagang di Facebook. Jadi posisinya si Inces ini terputus dari perbuatan pelaku sebelumnya, karena dia perannya sebagai penadah. Memang dia jual lagi, tapi dia tidak dalam 1 rangkaian tindak pidana (pencurian)," terang Bagas.

"Jadi si Inces ini dia beli dengan harga miring kemudian dia jual lagi, maka dia kenanya Pasal 480 alias penadah," katanya.

Tonton video 'Aksi Maling Terekam CCTV, Ditangkap dan Berakhir Damai':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)