Video Klaim Hadi Pranoto soal 'Obat COVID-19' Hilang dari Youtube Anji

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 22:50 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the worlds most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005
Ilustrasi YouTube (Foto: iStock)
Jakarta -

Video percakapan musisi Anji dengan seseorang bernama Hadi Pranoto yang mengaku sebagai profesor mikrobiologi 'hilang' dari YouTube. Sebelumnya, video itu ramai dibicarakan netizen hingga disorot IDI dan Satgas COVID-19.

Dilihat detikcom, Minggu (2/8/2020) sekitar pukul 22.17 WIB, video wawancara Anji dengan Hadi Pranoto tak ada lagi di akun YouTube dunia MANJI. Video terakhir dalam unggahan akun itu berjudul 'Konser di Masa Pandemi, Jadinya Begini!! With Dino Hamis yang diunggah satu hari yang lalu.

Sementara video lainnya memperlihatkan unggahan Anji dua minggu yang lalu. Video itu berjudul 'Adu Ide, Glen Victo & Elmatu.

Hadi Pranoto tampil dalam video di channel YouTube Anji yang berjudul 'BISA KEMBALI NORMALâť“OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)' dengan gelar 'profesor ahli mikrobiologi' disematkan di depan namanya. Hadi mengklaim dirinya telah menemukan antibodi COVID-19 sebagai 'obat' yang bisa menyembuhkan dan mencegah COVID-19.

Hadi juga mengatakan swab test untuk virus Corona bisa seharga Rp 10-20 ribu. Dalam video itu, Anji juga menyapa Hadi Pranoto sebagai 'dok'.

Saat dihubungi, Hadi Pranoto menyebut 'antibodi COVID-19' yang ditemukannya sebagai herbal padahal sebelumnya dalam video dia menyebutnya sebagai obat. Hadi juga meluruskan bahwa dia bukan dokter namun dia tidak menyebutkan dari mana gelar profesornya didapatkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2