Usung Denny Indrayana di Kalsel, PD-Gerindra Siap Hadapi Koalisi Gemuk

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 16:01 WIB
Denny Indrayana, kuasa hukum Prabowo - Sandi
Denny Indrayana (Adhi Wicaksono/CNN Indonesia)
Jakarta -

Partai Demokrat menyatakan koalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Denny Indrayana sebagai calon Gubernur Kalimantan Selatan. Denny akan dipasangkan dengan Difriadi kader dari Partai Gerindra.

"Untuk Pilgub Kalsel, Partai Demokrat berkoalisi dengan Partai Gerindra mengusung Prof Denny Indrayana berpasangan dengan Drs. Difriadi kader Partai Gerindra. Masing-masing partai telah mengeluarkan Surat Keputusan rekomendasi. Meskipun hanya diusung koalisi ramping yang berhadapan dengan koalisi gemuk yang mengusung petahana, kami optimis bisa merebut dan memenangkan hati dan pikiran rakyat. Keinginan besar rakyat Kalsel untuk perubahan menemukan salurannya dengan hadirnya Prof Denny pada kontestasi Pilgub," kata Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, dalam keterangan tertulis, Minggu (2/8/2020).

Kahar menyebut partainya mempertimbangkan beberapa hal dalam mendukung Denny. Menurutnya, Denny merupakan tokoh muda asal Kalsel yang memiliki reputasi nasional hingga rekam jejak yang cemerlang di bidang akademisi.

"Prof Denny adalah tokoh muda asal Kalsel yang memiliki reputasi nasional dan membanggakan. Tercatat sebagai guru besar hukum tata negara di salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka dan bergengsi di negeri ini, Universitas Gadjah Mada. Rekam jejaknya pun kompleks dan cemerlang mulai dari sebagai akademisi, aktivis penggiat demokrasi sampai duduk di pemerintahan sebagai Staf Khusus Presiden dan Wakil Menteri Hukum dan HAM di Kabinet SBY-Boediono. Tentunya rekam jejak ini menjadi pertimbangan penting bagi Partai Demokrat. Apalagi beliau telah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Demokrat," ujarnya.

Demokrat kata Kahar akan all-out memenangkan pasangan ini. Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menurutnya juga telah memberikan instruksi kepada pengurus partai provinsi hingga tingkat ranting untuk berupaya dalam kontestasi Pilgub Kalsel.

"Mesin politik Partai Demokrat akan all-out memenangkan pasangan ini, sebagaimana telah ditegaskan dan diinstruksikan langsung oleh Mas Ketum AHY agar struktur Partai Demokrat di Kalsel mulai dari tingkat DPD Provinsi, DPC Kabupaten, DPAC Kecamatan, sampai tingkat ranting, semuanya berperan aktif dan mengambil bagian dalam memenangkan pasangan Prof Denny-Difriadi. Tentunya partisipasi aktif Partai Demokrat pada kontestasi Pilgub ini akan memberikan dampak positif dan insentif politik bagi Partai Demokrat pada 2024 nanti di Kalsel, apa pun hasilnya," kata Kahar.

Sebelumnya, Partai Gerindra memberikan rekomendasi kepada Denny Indrayana di Pilkada Kalimantan Selatan. Denny akan diusung Gerindra sebagai calon Gubernur Kalimantan Selatan.

"Gerindra sekarang pada posisi memberikan rekomendasi kepada Pak Denny Indrayana untuk kemudian menunggu partai-partai koalisi agar bisa Pak Denny Indrayana maju pada pemilihan gubernur," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Minggu (2/8).

Tonton video 'Maju ke Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Incar Dukungan PKB-PAN-PPP':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)