Libur Long Weekend, 1.303 Orang Kunjungi Ragunan Hari Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 15:10 WIB
Taman Marga Satwa Ragunan (Foto: Sachril/detikcom)
Taman Marga Satwa Ragunan (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Ribuan orang mengunjungi Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, hari ini. Tercatat, 1.303 orang mengunjungi Ragunan hingga siang ini.

Jumlah itu berdasarkan data yang diterima Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan Ketut Widarsana soal jumlah pengunjung di Taman Marga Satwa Ragunan pada Minggu (2/8/2020) pukul 13.00 WIB. Selain itu, ada 187 sepeda motor yang masuk ke Ragunan, 465 sepeda, dan 132 mobil.

Ketut menjelaskan, di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini, jumlah pengunjung di Taman Marga Satwa Ragunan dibatasi. Setiap hari, hanya 2.000 pengunjung yang diizinkan masuk.

"Nah sekarang diperpanjang lagi PSBB (pembatasan sosial berskala besar) 14 hari ke depan lagi sampai dengan 14 Agustus, itu sudah kita longgarkan (maksimal kapasitas pengunjung) sampai dengan 2.000, gitu. Karena mengingat juga luas atau luas kawasan Ragunan ini cukup luas. Kalau dengan jumlah 2.000 walaupun kita tambah kuotanya pun masih aman, gitu," kata Ketut saat dihubungi.

Taman Marga Satwa Ragunan (Foto: Sachril/detikcom)Data Pengunjung Taman Marga Satwa Ragunan hari ini. (Sachril/detikcom)

Selain pembatasan jumlah pengunjung, protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Ketut mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat mencuci tangan hingga hand sanitizer.

"Jadi petugas juga sudah ready, sudah siap menggunakan face shield, sarung tangan, masker, dan sebagainya. Jadi penerapan protokol kesehatan ke pengunjung nggak masalah. Dan pengunjung juga patuh apa yang diarahkan petugas," ungkapnya.

Selain itu, kata Ketut, hanya pengunjung yang berdomisili DKI Jakarta yang diperbolehkan masuk ke Ragunan. Untuk ibu hamil, anak di bawah 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun tidak diperkenankan masuk ke Ragunan.

Ketut menerangkan Taman Marga Satwa Ragunan di masa PSBB transisi ini hanya buka dari pukul 08.00 sampai 13.00 WIB. Untuk pembelian tiket, beroperasi dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

"Nggak sampai sore, memang diperpendek jamnya (operasional Ragunan). Iya (operasional Ragunan tidak sampai sore) karena pemberlakuan PSBB transisi. Memang kita melakukan pembatasan-pembatasan dalam rangka untuk membatasi jumlah pengunjung dan memudahkan untuk pemantauan dalam perilaku pengunjung, baik social distancing, pemakaian masker, dan lain-lain, gitu," kata Ketut.

Tonton video 'Ragunan Tambah Kapasitas Pengunjung Jadi 2.000 Orang Per Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)