Deretan Koruptor Divonis Bui Seumur Hidup Sebelum Ada Aturan Baru MA

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 11:59 WIB
Poster
Foto ilustrasi koruptor. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2020 yang membuat koruptor Rp 100 M dihukum penjara seumur hidup. Berikut ini deretan koruptor penjara seumur hidup.

Berdasarkan catatan detikcom, Minggu (2/8/2020), koruptor pertama yang mendapat hukuman penjara seumur hidup ialah Adrian Waworuntu. Adrian adalah pembobol BNI 46 cabang Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada awal 2003. Nilai korupsinya mencapai Rp 1 triliun lebih. Aksi ini dilakukan dengan banyak pihak dari internal BNI hingga jenderal polisi.

Pada 21 Februari 2005, jaksa menuntut Adrian dipenjara seumur hidup. Tuntutan ini ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada 30 September 2005 dan dikuatkan Pengadilan Tinggi Jakarta pada 24 Juni 2005. Vonis ini kembali dikuatkan oleh MA lewat putusan kasasi pada 12 September 2005.

Adrian masih mengajukan peninjauan kembali (PK) tapi ditolak. Kini dia menghuni LP Sukamiskin, Bandung.

Selanjutnya, koruptor kedua dengan hukuman penjara terlama di Indonesia adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Saat menjadi Ketua MK, Akil terlibat 'dagang' putusan dan korupsi keadilan. Ada 16 pelaku yang ikut terseret dalam kasus Akil ini.

Ada jumlah uang suap yang diberikan pihak berperkara dalam kasus Akil ini. Totalnya mencapai Rp 57 miliar, terbanyak bila dibandingkan dengan kasus-kasus dugaan suap lainnya.

Dalam kurun sekitar 2002 sejak jadi anggota DPR hingga 2013, ada harta senilai Rp 181 miliar yang dianggap tak wajar karena tak sesuai dengan profil gaji Akil di MK ataupun di DPR.

Tonton video 'KPK: Polri Juga Kejar Harun Masiku, Tinggal Tunggu Waktu!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2