Banyak Anak Ikut CFD di Cipete Raya, Wawalkot Jaksel Akui Kesulitan Melarang

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 10:54 WIB
CFD di Cipete Raya
Anak-anak mengikuti CFD di Cipete Raya (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Banyak anak yang ikut berolahraga di kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Cipete Raya di tengah pandemi virus corona. Pemerintah setempat mengakui kesulitan melarang anak-anak untuk tidak berada di kawasan tersebut.

"Kalau misalnya (orang) di atas 50 tahun atau anak-anak itu sekarang saya bilang tidak ikut di acara-acara ini, tetapi karena ini ada di lingkungan permukiman kita agak susah juga (melarang) kalau masyarakat ikut keluar (mengikuti CFD)," ujar Wakil Wali Kota Jakarta Selatan (Wawalkot Jaksel) Isnawa Adji di Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, Minggu (2/8/2020).

Dia mengaku sudah mengimbau RT dan RW melarang warganya membawa anak kecil mengikuti CFD. Namun setidaknya, menurut dia, anak-anak yang mengikuti CFD itu mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

"Tetapi yang penting begini, kalau pun anaknya dibawa tentu harus protokol kesehatannya, setidaknya itu dulu. Tetapi, ya kadang agak susah kalau masyarakat ini ajak anak-anak juga berolahraga," lanjutnya.

Dia mengungkapkan imbauan masih dilakukan karena petugas lebih fokus kepada warga yang tidak memakai masker. Petugas, lanjutnya, akan langsung menindak warga yang tidak menggunakan masker saat CFD. Sebab, lanjutnya, warga yang tidak memakai masker akan dimungkinkan menularkan atau tertular COVID-19 di tengah pandemi ini.

"Tapi yang pasti di CFD kita (Jaksel) tidak ada kaki lima (PKL) kan. Ataupun kegiatan-kegiatan atraksi lainnya yang justru malah mengundang kemungkinan-kerumunan warga. Nah itu harus kita jaga. Jadi kita terus mengingatkan warga protokol kesehatan harus diperhatikan," ujar Adji.

Senada dengan Adji, di tempat yang sama Camat Cilandak Mundari menambahkan banyaknya anak-anak yang diajak untuk ikut CFD di Jalan Cipete Raya karena bosan di rumah. Mundari mengungkapkan imbauan sudah diberikan agar tidak ada anak-anak yang datang ke CFD.

"Karena ini kan (CFD Jalan Cipete Raya) adalah wilayah kampung, kita sudah informasikan juga kepada masyarakat, agar di usia balita dan renta itu jangan ikut. Tetapi perkampungan mereka mungkin, sudah lama di rumah, saya lihat, tetap kita imbau masuk ke gang-gang lagi (bila ditemukan ada anak-anak)," kata Mundari.

Dia mengatakan semua masyarakat yang mengikuti CFD di Jalan Cipete Raya sudah memakai masker. Mundari menegaskan petugas akan memberikan sanksi bila menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker.

"Secara keseluruhan kita sempurnakan terus. Kita perbaiki, kita ingatkan teman-teman dan masyarakat, konsistensi untuk pakai masker, cuci tangan, jaga jarak tetap, tinggal anak-anak dan renta," ujar dia.

Pantauan detikcom, Minggu (2/8) saat CFD di Jalan Cipete Raya tadi ada banyak anak-anak di tempat ini. Petugas yang berjaga tidak melarang anak-anak yang mengikuti CFD.

Saat ini dari sekitar pukul 09.00 WIB, Jalan Cipete Raya sudah bisa dilintasi kendaraan lagi. CFD di tempat ini sudah selesai.

Tonton video 'CFD Diubah Jadi Kawasan Pesepeda, Ini Curhat Warga!':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/dhn)