Polisi Antarkan Sapi Kurban dengan Perahu untuk Warga Desa Terisolasi di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 16:37 WIB
Perjalanan sapi kurban 200 kg ke desa terisolasi di Jambi
Perjalanan sapi kurban 200 kg ke desa terisolasi di Jambi (Foto: dok. Istimewa)
Jambi -

Seekor sapi seberat 200 kilogram dikurbankan polisi untuk ratusan warga yang terisolasi di Desa Suak Labu, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Sapi itu disembelih dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Untuk diketahui, warga Desa Suak Labu terisolasi selama 40 tahun belakangan. Selama itu pula warga tak melakukan penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

"Sapi yang kita berikan ini merupakan salah satu aspirasi yang kita respons dari masyarakat di desa yang sangat mendambakan hewan kurban untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Adha. Desa yang menjadi desa terisolasi ini rata-rata warganya tidak memiliki pekerjaan tetap, hingga kita sumbangkan seekor sapi buat jadi hewan kurban," kata Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP Guntur Saputro, Sabtu (1/8/2020).

Sapi tersebut kemudian diantar ke desa dengan menggunakan perahu dari Kota Tanjabbar ke desa dengan waktu tempuh 2 jam. Di atas perahu, sapi itu dibawa dengan penuh sangat hati-hati agar itu tidak tercebur ke dalam sungai.

Perjalanan sapi kurban 200 kg ke desa terisolasi di JambiPerjalanan sapi kurban 200 kg ke desa terisolasi di Jambi (Foto: dok. istimewa)

Setiba di desa terisolasi, sapi tersebut juga harus dibawa dengan melewati jembatan-jembatan kayu yang sempit hingga sampai ke tujuan. Warga turut membantu polisi mengantarkan sapi tersebut sampai ke desa.

"Butuh kerja ekstrakeras. Alhamdulillah semua pun berjalan lancar. Untunglah banyak warga juga yang ikut membantu dalam membawa sapi itu," ujar Guntur.

Selain menyumbangkan dan mengantar sapi kurban hingga ke desa, polisi juga akan mengawal proses penyembelihan agar sesuai protokol kesehatan. Satu keluarga akan mendapat 1 kilogram daging sapi.

"Agar protokol kesehatan tetap terjaga, kita harap penyembelihan hewan kurban tidak menyalahi aturan. Dan daging-daging kurban itu juga akan disalurkan per kilo buat satu kepala keluarga," terang Guntur.

(aud/aud)