Libur Idul Adha, Volume Kendaraan dari Jakarta ke Puncak Bogor Naik 30%

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 14:08 WIB
Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada liburan Hari Raya Idul Adha membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas buka tutup jalan satu arah untuk mengurai kepadatan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Ilustrasi (Yulius Satria Wijaya/Antara Foto)
Jakarta -

Libur akhir pekan panjang (long weekend) yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dimanfaatkan masyarakat Jakarta untuk berakhir pekan di kawasan Puncak, Bogor. Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda mengatakan ada peningkatan volume kendaraan dari Jakarta yang masuk ke kawasan Puncak, Bogor.

"Sampai hari ini dari kemarin ada kenaikan memang volume kendaraan dari Jakarta ke Puncak sekitar 30 persen," kata Fitra ketika dihubungi wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Namun Fitra mengatakan kenaikan 30 persen tersebut masih dalam batas normal. Menurutnya, di libur-libur long weekend sebelumnya, kenaikan volume kendaraan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor, bisa mencapai 40-50 persen.

Dia menyebutkan salah satu patokan untuk melihat kondisi kepadatan volume kendaraan dari Jakarta ke Puncak, Bogor, saat long weekend ialah adanya antrean di gerbang Tol Ciawi. Menurut pemantauan timnya, Fitra mengatakan hingga saat ini tidak tampak antrean terjadi di tempat tersebut.

"Hasil analisis dan evaluasi bisa mencapai 40-50 persen. Patokannya bisa kita lihat riil. Apabila normal long weekend, ada antrean kendaraan sampai gerbang Tol Ciawi. Kalau sekarang kan nggak ada," jelasnya.

"Untuk standar long weekend seperti yang sebelumnya, ini masih normal, masih belum seperti long weekend seperti biasa karena kenaikan kendaraan masih 30 persen. Dimungkinkan saja karena kegiatan masyarakat masih Idul Adha atau masyarakat ada yang mudik ke kampung halaman," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2