Warga Sulbar Senang Dapat Daging Kurban Meski Sapi Jokowi Sempat Ngamuk

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 18:41 WIB
Sapi Puang Tedong yang dikurbankan Presiden Jokowi sempat mengamuk selama 1 jam (Abdy Febriady/detikcom)
Sapi Puang Tedong yang dikurbankan Presiden Jokowi sempat mengamuk selama 1 jam. (Abdy Febriady/detikcom)
Pasangkayu -

Ratusan warga Kabupaten Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat (Sulbar), memadati lokasi penyembelihan sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka penasaran melihat sapi ukuran raksasa yang dibeli Jokowi dari peternak asal Kabupaten Polewali Mandar.

Proses penyembelihan sapi yang dinamai Puang Tedong itu mengundang perhatian. Sapi jenis Simental yang dibanderol Rp 89 juta itu sempat mengamuk saat akan disembelih hingga memicu kepanikan.

Belasan pria dewasa dikerahkan untuk menaklukkan perlawanan sapi seberat 1,2 ton itu. Warga sempat terseret saat berupaya menarik tali yang mengikat badan sapi.

Setelah lebih dari satu jam memberi perlawanan, warga bisa menumbangkan sapi karena kelelahan. Sapi langsung disembelih, dagingnya dibagikan kepada warga kurang mampu dan yatim-piatu di daerah ini.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi. Kami merasa sangat senang dengan adanya bantuan sapi ini," ungkap salah seorang warga Gusman Rusli, Jumat (31/7/2020).

Diakui Gusman, bantuan daging sapi kurban Presiden Jokowi dapat meringankan beban hidup mereka sehari-hari di tengah pandemi virus Corona. "Kami senang sekali, apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini akibat ada Corona," ungkapnya.

Namun terpantau di lokasi penyembelihan banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan. Warga tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Tonton video 'Waduh! Sapi di Bandung Nyemplung ke Parit Sedalam 2,5 Meter':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)